Islam

Warna Hitam Buat Muslimah Apakah Diatur Dalam Islam

(muslim.okezone.com)-JAKARTA; Pakaian berwarna hitam bagi kaum Muslimah apa ada dalilnya, atas perintah Allah Ta’ala atau Rasulullah SAW? Kaum Muslimah dianjurkan tidak berpakaian berwarna terang.

Sejatinya, warna pakaian wanita tidak ada standar baku dalam Islam, tergantung kebiasaan di negeri masing-masing. Pakaian wanita muslimah tidak selamanya hitam seperti anggapan sebagian orang. Boleh saja warna pakaian dan jilbab adalah putih, sebagaimana yang masyhur di negeri kita.

 Namun jika pakaiannya berwarna-warni, ditambah aksesoris bunga, dan lain-lain ini menimbulkan godaan dan membuat lawan jenis jadi tertarik, maka jelas tidak dibolehkan.

Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal menjelaskan, kenyataannya, tak sedikit wanita yang mau bergaya tanpa memperhatikan aturan dalam berjilbab. Ulama senior di Kerajaan Saudi Arabia dan anggota Hay-ah Kibaril Ulama’ ditanya, “Apakah boleh memakai jilbab yang berwarna (selain hitam)?”

Beliau hafizhohullah menjawab, “Jika engkau maksudkan adalah memakai jilbab warna-warni yang menutupi wajah dan telapak tangan lantas menimbulkan fitnah atau godaan, maka terang saja tidak dibolehkan.

Dikutip dari laman Rumasyo pada Senin (8/3/2021) disebutkan, jika yang dimaksud adalah jilbab selain warna hitam, yaitu jilbab warna putih, hijau, merah atau selain itu dan di negeri tersebut sudah terbiasa dengan jilbab warna semacam itu, maka tidak mengapa. Karena pakaian kata para ulama dikembalikan pada ‘urf, yaitu kebiasaan masyarakat sekitar.

(Vitri; Vitrianda Hilba Siregar; Bahan  dari : https://muslim.okezone.com/read/2021/03/08/617/2374104/pakaian-warna-hitam-buat-muslimah-apakah-diatur-dalam-islam )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close