Selingan

Wisata Religi Di Rusia Dari Masjid-Katedral-Hingga Mata Air Auliya

(travel.okezone.com)-RUSIA, negara dengan luas wilayah terbesar di dunia. Sekitar 20-28 juta penduduknya adalah Muslim atau 20% dari total populasi yang jumlahnya 142 juta jiwa. Artinya, Islam agama terbesar kedua di Rusia setelah Kristen Ortodoks.

Populasi Muslim ini terus meningkat. Pemimpin Rusia Vladimir Putin memasukkan Muslim dalam kabinetnya. Umat Islam di Rusia sudah dapat pengakuan. Ada ribuan komunitas Muslim terdiri dari Sunni, Syiah bahkan penganut aliran Sufi. Suku Dagestani diakui sebagai kelompok Muslim pertama di Rusia sejak abad 8 Masehi.

Salah satu yang berasal dari sini Khabib Nurmagomedov, bintang MMA yang memutuskan pensiun dengan mempertahankan rekor tak terkalahkan dan gelar juara dunia UFC kelas ringan. Berikut destinasi Wisata Religi bernuansa Islami di Rusia seperti dikutip dari Lonely Planet dan Russia Beyond :

1-Masjid Katedral di Moscow dan St Petersburg

Jumlah Muslim di Moskow 1,5 juta lebih dari 2x lipat populasi Islam di London. Namun, ada 4 masjid resmi, yang utama Masjid Katedral yang dibangun (). Masjid ini rusak pada 2011 dan dibangun Kembali serta dibuka pada 2015. Didekorasi mewah bergaya Bizantium, masjid ini memiliki menara 72m dan kubah tengah yang dihiasi 12kg daun emas di dalam dan luar.

St Petersburg ada Masjid Katedral, yang secara seremonial dibuka 1913 bertepatan peringatan 300 tahun dinasti Romanov. Bangunan ini memesona dengan mosaik dekoratif ubin lapis biru. Dikarenakan proses desain rumit membuat masjid ini sepenuhnya selesai tahun 1920 dan digunakan beribadah sehari-hari.

2- Benteng kuno Kala Quraisy

Benteng kuno Kala Quraisy terletak 1.000 meter (3.300 kaki) di atas permukaan laut. Ini stasiun berbenteng pertama yang dibangun bagian dari pusat penyebaran Islam di Kaukasus.  Didirikan pada abad ke-7 M oleh keturunan suku Quraisy (suku di mana Nabi Muhammad dilahirkan). Kala Quraysh kadang disebut Dagestani Machu Picchu, pemukimannya seperti labirin batu bertingkat di lereng gunung tinggi.

Benteng Kala Quraysh ini situs masjid tertua di Rusia yang dibangun abad ke-9. Disana ada juga lemari besi pemakaman kuno dan museum.

3-Kunta Haji Kishiyev Ziyart

Tempat ini 59 situs pemakaman suci, disebut Ziyarts, di Chechnya. Yang paling dihormati ada di desa Haji Evla. Abad ke-19, desa itu rumah bagi syekh Sufi Kunta-Haji Kishiyev, orang suci dan pasifis Chechnya, dan salah satu misionaris yang mendakwahkan syahadat Zikir (“Mengingat Allah”).

Ada juga mata air suci di dekat tempat rumah Kishiyev berdiri; air dari mata air ini diyakini berkhasiat obat. Peziarah juga dapat mengunjungi ruang bawah tanah tempat ibu Kishiyev dimakamkan. Terletak di dekat Gunung Ertina, yang dianggap orang Chechen sebagai tempat suci.

4-Mata air Auliya

Tempat ziarah  lain di Bashkiria : Mata air Auliya (Auliya berarti “suci” Bahasa Bashkirian). Terletak di Gunung Aushtau di Ural Selatan. Mata air yang mengalir lebih dari 30 hari pada akhir Mei dan awal Juni ini diyakini bisa menyembuhkan penyakit. Orang-orang mandi di mata air dan mengambil air sucinya, yang diyakini dapat membersihkan batu ginjal, serta menyembuhkan penyakit pernapasan dan perut.

Mata air ini memperoleh khasiat obat setelah 15 Mei. Banyak Muslim percaya mendaki Gunung Aushtau dianggap versi kecil dari haji. Dipuncak gunung ada 3 kuburan penyiar Islam dari abad ke 13.  Setelah bertobat, penduduk setempat menguburkan Syekh Muhammad Ramazan Al-Ush dan teman-temannya di puncak gunung, dan seketika muncul mata air di lerengnya.

5-Great Bulgar

Di tepi Sungai Volga, 140 km dari ibu kota Tatarstan, Kazan, ada reruntuhan kota kuno Great Bulgar yang legendaris. Ini salah satu kota terbesar dari Kekaisaran Gerombolan Emas abad pertengahan. Sekarang tempat ini tujuan ziarah penting bagi Muslim Rusia.

Terlepas dari reruntuhan kuno, yang tersisa dari Great Bulgar adalah desa Bolgary dan dinding masjid besar dengan menara dari abad ke-13. Di seberang jalan dari pintu masuk masjid ada Mausoleum Utara yang terawat baik (yang dulu digunakan oleh bangsawan Bulgari). Di sebelah timur masjid ada makam Timur, yang diubah menjadi gereja Ortodoks pada abad ke-18.

(sal; Violleta Azalea Rayputri;   Bahan  dari : https://travel.okezone.com/read/2021/02/03/408/2355707/deretan-wisata-religi-islami-di-rusia-masjid-katedral-hingga-mata-air-auliya )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close