Kesehatan

Vaksinasi Ikhtiar Menjaga Kesehatan Selama Ramadhan

(beritasatu.com)-JAKARTA; Jubir vaksinasi Covid-19 Kemkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, masyarakat harus meniatkan ikut program vaksinasi Covid-19. Pasalnya, ini ikhtiar menjaga kesehatan selama bulan Ramadan.

Nadia menegaskan, tidak ada persiapan khusus untuk yang akan mendapatkan vaksinasi pada saat bulan Ramadan ini, tetapi tetap menjaga kondisi kesehatan di masa berpuasa ini.

“Kita tahu bahwa kondisi tubuh kita tidak akan terpengaruh terhadap pemberian vaksinasi walaupun kita sedang dalam keadaan berpuasa. Namun sebelum mendapatkan vaksinasi kita bisa mengupayakan istirahat yang cukup serta waktu sahur makan makanan yang bergizi dan seimbang,” kata Nadia pada konferensi pers daring tentang Vaksinasi Covid-19 di Bulan Ramadan, pada Senin (12/4/2024).

Selain makanan yang sehat, Nadia juga mengingatkan masyarakat untuk memperhatikan kebutuhan cairan, yakni dengan cara minum sesuai jumlah yang ditentukan. Selain itu, ia juga mengimbau agar masyarakat tidak memilih jenis vaksin. Pasalnya, vaksin yang digunakan saat ini telah yakni Sinovac maupun Astrazeneca telah memenuhi syarat dari WHO.

Dari segi keamanan, vaksin yang digunakan telah melewati uji klinis tahap ke-3. Selain itu, dari segi efikasi sudah memenuhi standar WHO minimal 50%. Vaksin yang digunakan efikasinya di atas standar. Selain itu, BPOM dan Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) sudah mengkaji keamanan dan mutu daripada vaksin tersebut.

“Vaksin digunakan saat ini merupakan jenis vaksin yang aman dan bermanfaat serta meningkatkan kekebalan tubuh berdasarkan rekomendasi dari para ahli,” ucap dia.

 (Maria Fatima Bona; CAH;  Bahan dari  : BeritaSatu.com  dan https://www.beritasatu.com/kesehatan/759211/kemkes-vaksinasi-sebagai-ikhtiar-menjaga-kesehatan-selama-ramadan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close