Iptek dan Lingk. Hidup

Daerah Ini Satu Satunya Bebas Covid-19 Di Indonesia

(regional.kontan.co.id)- Setahun lebih pandemi melanda, dengan kasus mencapai 1.682.004 hingga Senin (3/5). Ada daerah yang hingga kini diklaim belum tersentuh virus corona. Berdasar data Satgas Penanganan Covid-19, daerah yang tidak terdampak Covid-19 adalah Kabupaten Dogiyai, Papua.

Melansir laman Disbudpar Papua, Dogiyai dulu masuk Kabupaten Nabire. Pusat Pemkab Dogiyai berada di Kigamani, Distrik Kamu. Kabupaten ini dibentuk (4/1/2008) berdasarkan UU No. 8/2008, Bersama 5 kabupaten lain di Papua.

Mengutip Kompas.com, jubir Satgas Covid-19 Papua Silwanus Sumule mengatakan, belum ada kasus virus corona di Dogiyai dan belum dipastikan penyebabnya.

Namun, ada kemungkinan daerah ini melakukan langkah pencegahan secara cepat. “Mungkin mereka menjalankan prokes dengan baik, dan berhasil menekan aktivitas masyarakat,” katanya.

“Lalu, pemda berhasil melakukan screening dengan baik. Tiga hal itu mereka jalankan,” ujar dia.  Pernyataan itu muncul ketika Papua memiliki 7 daerah yang belum tersentuh Covid-19 pada Maret 2021.

Tapi ada peluang Dogiyai tidak benar-benar bebas dari virus corona. Selain itu, minimnya mobilitas di  daerah berpengaruh pada penyebaran Covid-19.

Meski Dogiyai memiliki akses jalur darat, jarak tempuhnya jauh dengan jalur berbukit. “Salah satu faktor penyebab kenaikan kasus Covid-19 karena masifnya kegiatan masyarakat. Makin tinggi mobilitas penduduk, semakin tinggi risiko penularan,” kata Silwanus.

(Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul “Daerah ini satu-satunya di Indonesia yang bebas Covid-19”, Klik untuk baca: https://regional.kontan.co.id/news/daerah-ini-satu-satunya-di-indonesia-yang-bebas-covid-19; Editor: S.S. Kurniawan; Sumber : Kompas.com)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close