Info Daerah n Opini

P2Tel Tangsel Gelar RAKOR Online Triw III-2021 -Masa Kepengurusan Akan Berakhir Berbagai Prestasi Terukir

Kontributor  : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan

Indahnya keberhasilan bersama. “Bawa mobil kecil pergi ke wisata, bawa makanan kecil jangan sampe lupa. Bila berhasil itu prestasi bersama, bila ada yang belum berhasil menjadi tantangan kita”.

Itulah pesan moral dan spirit PC P2Tel Tangsel dalam menggapai performansi triwulan III dan sekaligus menjelang akhir masa kepengurusan P2TEL Tangerang Selatan 2017-2021 dengan berbagai prestasi layanan yang terukir dan semakin banyak tantangan sekaligus sebagai peluang untuk pengembangan ke depan melalui penyelenggaraan Musyawarah Cabang (MUSCAB) pada 3 Oktober 2021.

Di hari pertama pekan ke empat September 2021 tepatnya Senin, 20 September 2021,  P2Tel Tangerang Selatan menggelar RAKOR secara online yang diikuti BP dan PC P2Tel Tangerang Selatan (Ketua, Sekretaris, Bendahara, Seksi-seksi dan para Komsat)  yang dipimpin secara langsung oleh Aye selaku KPC P2Tel Tangerang Selatan.

Bermunajat dalam doa. Manusia hanya berencana dan berusaha untuk berproses yang kahirnya membuahkan hasil dari program kerja yang dijalankan.  Sebagai perwujudan insan yang beriman dan bertakwa  agar meraih keberkahan proses dan hasilnya maka RAKOR triwulan III-2021 P2Tel Tangerang Selatan diawali   doa bersama yang dipimpin  oleh A. Ma’ruf dari Seksi Sosial dan Binroh.

Syukur dan sukseskan MUSCAB P2TEL Tangerang Selatan. Acara dilanjutkan dengan sambutan dan arahan Zainal Rosyid selaku BP Cabang P2Tel Tangerang Selatan dengan rasa syukur atas karunia berbagai nikmat Allah yang diberikan kita.

Rakor triwulan III-2021 merupakan Rakor terakhir di masa kepengurusan P2TEL Tangerang Selatan 2017-2021. Untuk melanjutkan  estafet kepengurusan berikutnya marilah kita sukseskan penyelenggaraan MUSCAB P2Tel Tangerang Selatan yang diselenggarakan secara online pada 3 Oktober 2021.

Selain itu mengucapkan selamat mengikuti Rakor Online triwulan III-2021 P2Tel Tangerang Selatan semoga mendapat ridho dan berkah dari Allah.

Antara Datul dan MUSCAB. Aye selaku KPC P2Tel Tangerang Selatan mengingatkan juga bahwa Rakor kali ini adalah Rakor terakhir untuk masa kepengurusan 2017-2021 sehingga perlu membicarakan dan menghasilkan hal-hal yang lebih substantif yaitu pelaksanaan DATUL semester II dan persiapan penyelenggaraan MUSCAB P2Tel Tangerang Selatan.

Khusus untuk persiapan penyelenggaraan MUSCAB, KPC P2Tel Tangerang Selatan sangat mengapresiasi atas penyelenggaraan masa perkenalan diri, sepak terjang di Telkom, P2Tel dan di lingkungan masing-masing dan program para calon KPC dan calon KBPC.

Masa perkenalan tersebut dimanfaatkan dengan baik dan kondusif sehingga tidak saling menjelekkan dan menyebut dengan kelompok tertentu karena sesungguhnya kita dalam kebersamaan.

Dalam masa persiapan MUSCAB ini juga dilaporkan progresnya ke Koordinator P2Tel Sejabodetabek dan Pengurus Pusat P2TEL dan dimonitor sehingga penyelenggaraan MUSCAB secara online diharapakan berhasil, berjalan lancar, tidak ada kecurangan dan bisa dipertanggungjawabkan.

Hal-hal yang terkait dengan kebijakan distribusi keuangan yang dijalankan pengurus saat ini menjadi referensi untuk pengurus P2TEL  Tangerang Selatan periode berikutnya 2021-2026. Alokasi dana operasional bersumber pada PMP sebesar 3 permil yang dikelola melalui Dapen Telkom dan PP P2TEL kemudian diteruskan ke PC P2TEL.

Lebih jauh KPC P2TEL Tangerang Selatan menyampaikan hal-hal yang menjadi _highlight_ kepengurusan berikutnya : Updating profil PMP P2Tel Tangerang Selatan, Reidentifikasi PMP yang melakukan Bedah Rumah yang tidak selalu merenovasi seluruh rumah PMP namun bisa dilakukan perbaikan rumah secara parsial, Pendataan kembali PMP yang betul-betul kekurangan dalam memenuhi kebutuhan kesehariannya sehingga perlu dibantu uang bulanan yang besarannya distandardkan.

Dalam Rakor Online kali ini sekretaris P2TEL Tangerang Selatan menyampaikan informasi hasil pelaksanaan Datul semester II-2021 dan dilanjutkan tanya jawab seputar apa yang menjadi hak PMP antara lain dana kematian kepada Ahli Warisnya, Taspen, BPJS dan lainnya.

Gayung bersambut atas apa yang disampaikan sebelumnya oleh KPC P2Tel Tangerang Selatan maka A. Makmur selaku ketua panitia pelaksana penyelenggaraan Muscab P2TEL  Tangerang Selatan menyampaikan progress persiapannya dan sekaligus mendiskusikannya atas hal-hal yang perlu disepakati bersama.

Yang menjadi highlight antara lain agenda perkenalan dan program aksi  calon KPC dan KBPC  secara online, Gladi kotor, Gladi Resik dan   pelaksanaan muscab yang dijadwalkan pada 3 Oktober 2021 secara semi online.

Untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas aktivitas P2Tel Tangerang Selatan, Suradi dan A. Ma’ruf selaku Seksi Sosial & Binroh mempresentasikan activity & financial performance triwulan III-2021 dan next program triwulan IV-2021  dan support & alignment program yang melibatkan para pihak yang terkait dengan koridor kebersamaan.

Kegiatan sosial dan binroh ini juga dilakukan bekerja sama dan berkolaborasi dengan pihak lain antara lain Yakes Jakarta, Dapen Telkom, PP P2Tel dan lembaga lainnya.

Beberapa pekan terakhir ini,  dengan semakin melonjaknya PMP yang positif terkonfirmasi positif covid-19 terutama pada periode Juni dan Juli 2021, P2Tel Tangerang Selatan memberikan atensi kepada PMP yang menjalani isolasi mandiri.

Selain itu P2Tel Tangerang Selatan juga memberikan vaksin hati dengan cara  menyelenggarakan olah ruh berupa kegiatan tadarus Al Quran secara online setiap Senin dan Kamis pagi mulai pk. 05.30 s.d. 07.30 Wib yang saat ini pesertanya lebih dari 15 orang terdiri dari bapak-bapak dan ibu-ibu.

Dalam kesempatan tanya jawab dibahas tentang pemberian bantuan sosial untuk PMP terdampak Covid-19 setelah diberlakukannya kebijakan tersebut dan penjelasan prosedur megikuti program Pemberdayaan Ekonomi Produktif (PEP).

Dengan program PEP yang saat ini telah berkembang dengan 34 peserta. Ke depan diharapkan ada yang menjadi role model yang dapat menjadi contoh dan memotivasi peserta PEP lainnya.

Setelah itu dilanjutkan progress kegiatan Sie Olahraga dan Rekreasi oleh Suhirman dan Mundi antara lain kegiatan olahraga secara online di masa pandemi, kolaborasi dengan Yakes dan laporan keuangan posisi terkini untuk pembuatan laporan keuangan secara umum.

Akhirnya Susi Irmawati dan Diah MP selaku sie Usaha melaporkan kegiatannya dan menyampaikan laporan keuangan posisi 20 September 2021.

Bendahara P2TEL  Tangerang Selatan   menyampaikan performansi keuangan dansos yang mencakup penerimaan, pengeluaran dan saldonya. Terjadinya lonjakan pengeluaran dansos sebagai atensi PMP yang menjalani isolasi mandiri selama ini bisa direalisasikan khususnya periode Juni-Juli 2021.

Sebagai antisipasi untuk pemenuhan atensi PMP yang menjalani isoman, bantuan uang duka dan kegiatan sosial lainnya maka perlu upaya-upaya untuk mengharmonisasikan antara penerimaan dan pengeluaran dansos ini sehingga pelayanan kepada PMP yang lebih membutuhkan tetap dijalankan secara berkelanjutan.

Setelah diskusi dan tanya jawab menanggapi pemaparan materi penyaji dan memperlancar operasional & layanan P2Tel Tangerang Selatan ke depan maka agenda terakhir dalam RAKOR P2Tel Tangerang Selatan adalah paparan Bendahara P2Tel Tangerang Selatan tentang realisasi atau performansi keuangan P2Tel Tangerang Selatan sampai dengan triwulan III tahun 2021 posisi 20 September 2021.

Acara Rakor Online diakhiri closing statement   KPC P2TEL Tangerang Selatan berupa harapan ke depan semakin diperkuat P2TEL Tangerang Selatan ini terutama fungsi sosial yang semakin dirasakan manfaatnya oleh para PMP.

Terimakasih dan apresiasi atas kerjasama semua pengurus mulai pengurus inti, para seksi dan para Komsat sehingga laporan kegiatan dan keuangan P2TEL Tangerang Selatan akan  close pada 20 September 2021 ini.

Demikianlah sekilas RAKOR Online P2Tel Tangerang Selatan triwulan III-2021  ini,  tetap sehat, tetap semangat dan tebarkan manfaat. Ada  harapan besar kita untuk menjalankan tugas mulia ini, menghadapi tantangan menjadi peluang perbaikan dan pengembangan ke depan.

Ada pesan moral di akhir ketikan jemari tangan  ini “Bila tuan ke Cibubur, jangan lupa belanja durian. Mari kita perbanyak bersyukur, atas nikmat yang Allah berikan.”

(Kontributor  : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close