Iptek dan Lingk. Hidup

Sampah Menutup Kali Bekasi

(news.detik.com)-BEKASI; Sampah menumpuk menutupi badan Kali Busa di Kab- Bekasi. Sampah datang dari arah selatan, yakni arah permukiman dan jalan raya. Mungkin gara-gara kebiasaan buruk buang sampah sembarangan atau tak ada tempat buang sampah memadai?

Kali Busa yang penuh sampah di Desa Satria Mekar, Tambun Utara, Bekasi. Aliran sungai penuh sampah itu ada di tengah sawah, tapi permukiman di selatan aliran sampah itu. Ada pula jalan raya di sebelah selatan, yakni Jl Kramat Mundu Barat dan Jl Irigasi.

Kabid Kebersihan Dinas LH Kabupaten Bekasi, Khaerul Hamid, menyebut layanan angkutan sampah untuk warga tersedia di sekitar area yang ada sampah menumpuk. Layanan itu, bisa digunakan warga sekitar untuk memanggil petugas pengangkutan sampah.

“Sudah banyak layanan pengangkutan sampah di tiap kecamatan, salah satunya Tambun Selatan,” ujarnya saat dihubungi detikcom, (3/9/2021)

Nantinya, layanan itu diperluas ke daerah terpencil di Kab-Bekasi. “Untuk sementara hanya di perkotaan dulu, seperti Cikarang Utara dan Cikarang Selatan, alhamdulillah layanan sudah terjangkau,” terangnya.

Dipastikan daerah yang ada kali, seperti Kali Jambe dan Kali Busa, akan diprioritaskan. “Kali lebih diprioritaskan, kalau sungai nggak karena sungai itu mengalir, bakal lebih sulit diangkut,” tambahnya.

Hamid menambahkan sampah yang diangkut akan langsung dibuang ke TPA terdekat sesuai SOP Dinas LH Kab Bekasi. Soal masalah sampah di Kali Busa, Hamid menilai perlu ada perubahan kebiasaan membuang sampah sembarangan menjadi kebiasaan yang lebih bersih.

“Kami selalu sosialisasi lewat media, untuk menghilangkan budaya buang sampah sembarangan, itu upaya yang kita lakukan supaya nggak terjadi lagi,” tegasnya.

(dnu/dnu; Faiz Iqbal Maulid; Bahan dari : https://news.detik.com/berita/d-5708738/sampah-menutup-kali-busa-bekasi-tak-adakah-tempat-pembuangan-memadai)-FatchurR *

*** Kita wajib peduli lingkungan dengan melakukan 3R (Reduce, Reuse dan Recycle) dan buang sampah pada tempatnya (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close