Aku cinta Indonesia

Rumah Susun Pasar Rumput Hunian Istimewa

(beritasatu.com)-JAKARTA; Presiden Jokowi didampingi Menpupera, Basuki Hadimuljono, dan Gubernur DKI Anies Baswedan, meresmikan rumah susun (Rusun) Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Senin (20/9/2021).

Rumah Susun Pasar Rumput yang dibangun Kempupera dengan Rp 970 miliar, terintegrasi dengan fasilitas pasar dan sarana transportasi Transjakarta. “Rusun Pasar Rumput ini mempermudah masyarakat punya  hunian layak sekaligus beraktivitas ekonomi, seperti berdagang dan kegiatan ekonomi lain” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, Kempupera membangun rusun ini jadi hunian istimewa karena dibangun berdasar konsep mixed use development, yaitu tak hanya berfungsi sebagai hunian tapi dilengkapi fasilitas hunian yang lengkap.

“Rusun ini ada pasar dan fasilitas umum dan fasilitas sosial. Total anggaran pembangunannya senilai Rp 970 Miliar”. Berdasar data yang dimiliki Dirtjen Perumahan Kempupera, Rusun ini dibangun 3 menara dengan masing-masing tower setinggi 25 lantai dan dilengkapi dengan lift.

Adapun rincian pemanfaatan Rusun tersebut untuk lantai 1 digunakan sebagai pasar dengan jumlah kios sebanyak 318 kios dan 350 los dan di lantai 2 juga digunakan untuk pasar dengan jumlah kios 649 kios.

Pada lantai 3 dibangun sejumlah fasilitas umum dan fasilitas sosial seperti PAUD, masjid dan ruang terbuka. Lantai 4-24 untuk hunian masyarakat 1.984 unit tipe 36. Setiap unit dilengkapi pendingin udara.

Lokasi Rusun ini strategis karena dibangun tak jauh dari Terminal Manggarai dan sudah terintegrasi sarana transportasi yakni Halte Transjakarta sehingga mempermudah mobbilitas dengan kendaraan umum.

Presiden mengungkapkan, Rusun ini juga difungsikan menampung masyarakat dari sisi Sungai Ciliwung yang terdampak Program Normalisasi Sungai untuk mengantisipasi penanganan banjir di Ibukota Jakarta.

Dirinya berharap rusun ini dapat meringankan beban masyarakat, khususnya berkaitan dengan penyediaan hunian yang nyaman, terjangkau, dan membantu fasilitasi kegiatan produktif masyarakat.

“Rumah Susun Pasar Rumput telah dilengkapi dengan kios pasar, fasilitas umum, fasilitas sosial, dan parkiran yang dibangun sejak tahun 2016. Alhamdulillah hari ini sudah selesai dan siap untuk difungsikan,”

(Imam Muzakir; FER; Bahan dari : Investor Daily  dan https://www.beritasatu.com/ekonomi/830215/jokowi-sebut-rusun-pasar-rumput-hunian-istimewa)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close