Iptek dan Lingk. Hidup

Harga Pertalite Naik Tapi Motor Jadi Boros

(Cuplikan dari : Motor Plus-online.com)-Beberapa hari ini geger Harga Pertalite naik tapi pemakaian bensin jadi boros. Begitu dicek ternyata ini biang keroknya gak nyangka. Di medsos seperti FB dan Instagram ribuan pemilik kendaraan mengeluh setelah Harga Pertalite naik malah boros.

Bicara konsumsi bensin di motor, kondisi ban juga bisa jadi boros atau tidaknya. Konsumsi bensin motor tidak melulu konsumsi bensin motor boros perkara mesin atau gaya berkendara.

Bisa juga akibat kondisi ban motor yang bikin boros. Seperti yang diungkapkan Abdul Malik, Mekanik Rumah Ban Motor, dikutip dari GridOto.com.

Malik menambahkan, khususnya pada tekanan angin ban motor yang kurang, membuat konsumsi bensin motor jadi boros “Ketika diisi beban (pengendara dan barang) tapak yang bersentuhan ke aspal jadi lebih banyak,” ujar Malik.

“Selain bikin laju motor jadi berat, tekanan angin ban yang kurang juga bikin konsumsi bensin jadi lebih boros,” lanjutnya, saat ditemui di Jalan Lebak Bulus 3 No.2B, Cilandak, Jakarta Selatan.

Nah, biar laju motor tetap ringan dan konsumsi bensin tidak boros ada triknya. Jangan lupa minimal periksa tekanan angin ban motor seminggu sekali.

Pabrikan sudah memberikan info mengenai anjuran tekanan ban ideal di motor menggunakan stiker. Selain itu busi bisa juga jadi salah satu penyebab konsumsi bensin di motor jadi boros, ujar Diko Oktaviano selaku Technical Support Product Knowledge PT NGK Busi Indonesia.

“Soalnya, elektroda di busi seiring pemakaian akan mengalami keausan yang bikin penurunan performa busi dan pembakaran jadi kurang maksimal,” lanjutnya.

Pembakaran mesin yang kurang maksimal ini karena daya ledak busi menurun. “Efeknya  konsumsi bensin lebih boros karena proses pembakarannya tidak maksimal,” lanjutnya lagi.

“Selain itu, busi yang lama tak diganti bikin penumpukan kerak karbon di area mesin. Jadi nanti bisa terjadi pembakaran dini yang berefek menurunnya performa dan boros bensin,” jelasnya.

Jadi, busi kotor jadi salah satu penyebab mesin motor semakin boros BBM. Kalau ingin kinerja mesin tetap optimal dan enggak boros bensin, ganti busi motor secara berkala. Yaitu ganti setiap kelipatan 6-8 ribu km pemakaian. Jangan tunggu sampai busi mati baru diganti..

Anda bisa baca sesuai aslinya di https://www.motorplus-online.com/read/253500866/terbongkar-harga-pertalite-naik-tapi-motor-jadi-boros-begitu-dicek-ternyata-ini-biang-keroknya (Disajikan ulang oleh FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close