Info Daerah n OpiniIslam

P2Tel Tangerang Selatan-Bermuhibah Menggapai Berkah-Bermabit Imtakpun Bangkit

(Kontributor : Suradi)-Berawal dari olah ruh.

P2Tel Tangerang Selatan tiada henti untuk berimprovisasi dalam melayani dan menjalankan operasional organisasi.

Dalam upaya membangun insan yang beriman dan bertakwa (IMTAK) khususnya bagi PMP yang beragama Islam maka menyelenggarakan kegiatan Tadarus Al Quran secara Online (Ngajol).

Kegiatan ini telah menyelesaikan satu kali putaran khatam Al Quran dan dilanjutkan ke putaran berikutnya 6 Januari 2022.

Kegiatan ini diselenggarakan setiap Senin dan Kamis ba’da subuh sekitar pk 05.30 dan berakhir sekitar pk 08.00. Materi ditambahkan tidak sekedar membaca Al Quran namun juga dibahas teori tajwid oleh pak Hebsi Munjiri sehingga peserta lebih teliti dan seksama dalam membacanya guna mengikuti norma atau kaidah yang benar. Di akhir tadarus Al Quran secara online ditutup dengan doa.

Setelah terbentuknya majlis ilmu ini ada inspirasi, inisiasi dan program aksi untuk melakukan silaturahim dan saling mendoakan diantara peserta terutama pada saat-saat tertentu seperti ketika sakit atau mendapatkan musibah yang lainnya. Inspirasi ini terus berkembang dengan keinginan bersama melakukan muhibah dan mabit.

Suasana beda lebih berasa dan bermakna. Akhirnya disepakati acara muhibah dan mabit diselenggarakan pada Selasa-Rabu, 4-5 Oktober 2022 dengan peserta berjumlah  29 orang (bapak-bapak dan ibu-ibu). Dengan semangat kebersamaan dan kemandirian peserta dibagi dalam beberapa rombongan kendaraan pribadi peserta.

Sebagai titik kumpul (pertama) untuk  pemberangkatan ada pilihan  tempat yaitu di STO Serua habis senam start pk 08.30 Wib,  STO mencong bagi yg berdomisili di sekitar Ciledug dan sesuai kesepakatan antara pemilik mobil dan anggota rombongan.

Untuk tetap menjaga kebersamaan  maka rest area (titik kumpul kedua) di Masjid Attaawun Puncak. Apabila rombongan telah lengkap kumpul semua dilanjutkan perjalanan ke Cianjur secara berkonvoi.

Indahnya ilmu dan hikmah.

Mubibah kali ini mengambil lokasi pesantren Daaru Zamzam Cianjur. Setibanya di lokasi tujuan menikmati ishoma dan membaca Al Quran. Lebih berasa dan bermakna lagi dilanjutkan dengan  Wisata Alam Petik buah.

Ketika hari mulai senja dan ba’da magrib acara diisi dengan Ngobrol santai soal agama dan sebagai puncak acaranya adalah  Motivasi Kak Mal dan  api unggun.

Memanfaatkan kesempatan berharga dan langka para pesertapun tetap bersemangat menjalankan  Qiyamulail, muhasabah dan kajian pagi. Setelah olah ruh dirangkai dengan olah raga  & fun game.

Tak hanya olah raga saja namun dilengkapi dengan olah rasa dengan sarapan. Dari muhibah dan mabit ini memberikan kesan pesan yang mendalam bagi peserta dan akhirnya acara dilanjutkan dengan doa dan penutupan.

Aktualisasi persaudaraan, kebersamaan dan saling peduli. Sesuai dengan moto P2Tel adalah persaudaraan, kebersamaan dan saling peduli maka dalam kesempatan ini dirangkai dengan acara silaturahim ke rumah pak Bambang Pur yang pernah menjadi komsat di P2Tel Tangerang Selatan.

Begitu berkesan ketika jalinan persaudaraan, kebersamaan dan saling peduli terwujud dengan silaturahim ini karena sekian lama lebih dari 2 tahun tidak saling jumpa secara fisik.  Usai bernostalgia maka dilanjutkan dengan perjalanan menuju Gerai Oleh oleh Cianjur Mochi Momi dan dilanjutkan perjalanan pulang.

Lewati jalan jelak namun tak capek.

Sekitar 7,5 km lagi menuju lokasi tujuan jalannya rusak parah, semua peserta pada mengumpat semua, apakah tidak ada jalan yang lebih jelek lagi katanya.

Untungnya semua peserta menggunakan mobil non sedan sehingga masih bisa menembus beratnya medan yang penuh tantangan. Tetapi setelah tiba di lokasi tujuan, semua rasa kesal sirna berubah menjadi suasana yang ceria dan happy.

Kak MAL selaku Ketua Yayasan Daaru Zamzam sangat komunikatif dan langsung menyambut kedatangan peserta Mabit. Kesan setelah mengikuti semua kegiatan ini antara lain :

Banyak memberikan pelajaran dan inspiratif karena berani meninggalkan zona nyaman dan kembali ke desa untuk membangun dan merintis Yayasan Daaru Zamzam. Ternyata justru lebih bahagia saat ini ketimbang dulu masih menjadi pegawai yang karirnya sedang naik.

Selain itu keberadaan Yayasan Daaru Zamzam yang terpencil di pelosok desa, bisa mendorong pusat pertumbuhan ekonomi baru bagi masyarakat di sekitatnya.

Manfaat yang dirasakan adanya pembinaan akhlak dan iman untuk masyarakat di sekitarnya khususnya kepada anak2 yatim dan piatu. Kegiatan inipun menjadi ladang untuk beramal di yayasan ini dan masih terbuka antara lain : masjid masih dalam proses pembangunan, luas lahan 12 ha masih memerlukan bibit tanaman produktif (buah-buahan), wakaf tanah, kolam dan lainnya.

Apa kata mereka?.

Bagi pak Budi Saptono dan bu Mundi yang mewakili peserta muhibah dan mabit ini  bersyukur bisa kumpul bareng, menikmati indahnya karunia Allah alam yang tebarkan pesona keindahan dan semakin mempertebal iman & takwa terutama dalam mengaji dan mengkaji Al Quran. Semua kegiatan yg dilaksanakan baik indoor maupun outdoor semuanya sangat menyenangkan peserta.

  1. Yuri Gartina selaku pengemban amanah KPC P2Tel Tangerang Selatan menyambut baik kegiatan yang bermuatan penguatan persaudaraan, kebersamaan dan saling peduli ini.

Selain itu dalam rangka meningkatkan iman dan takwa serta untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah, menumbuhkan muhasabah diri, kesempatan melakukan riyadhah dan  berupaya menjadi hamba yang takwa.

Di akhir berita ini penulis berbagi pesan moral melalui pantun berikut ini :

Ada pesta ada hadiah, hadiah dibuka isinya pena.

Semoga acara ini berkah, tingkatkan iman dan taqwa.

Bila tuan ke pasar Cianjur, jangan lupa belanja durian.

Semoga kita tambah makmur, peduli kepada yang lebih membutuhkan.

(Kiriman : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close