Iptek dan Lingk. Hidup

Robot Humanoid Tesla siap di produksi

(Cuplikan dari : cnnindonesia.com/teknologi)-Jakarta, CEO Tesla Elon Musk memamerkan robot pintar atau humanoid yang diberi nama Optimus dalam ajang Tesla AI Day 2022 di Palo Alto, California, Jumat (30/9).

Optimus akan dibanderol dengan harga kurang dari US$20 ribu dolar atau Rp306 juta. “Masih banyak pekerjaan menyempurnakan Optimus dan membuktikannya,” kata Musk dilansir dari Reuters, Sabtu (1/10).

Optimus dinilai belum mampu memecahkan masalah karena butuh pengembangan lebih lanjut terkait ‘otaknya’. Namun demikian, Musk yakin Optimus bakal menjadi robot pintar yang bakal diproduksi Tesla dalam jumlah besar-besaran.

Tesla telah mengembangkan prototipe untuk Optimus pada Februari2022. Model awal itu dapat melakukan tugas sederhana, seperti menyiram tanaman, membawa kotak, dan mengangkat batang logam di stasiun produksi di pabrik Tesla di California.

Perwakilan Musk dan Tesla mengakui banyak tantangan agar robot bisa diproduksi massal dan berbiaya rendah. Tujuan pembuatan Optimus agar mampu mengganti peran manusia di tempat kerja.

Perusahaan otomotif lain termasuk Toyota Motor (7203.T) dan Honda Motor (7267.T) juga telah mengembangkan prototipe robot humanoid yang mampu melakukan hal-hal rumit.
Kini tercatat hanya Tesla yang mendorong agar robot bisa dipasarkan massal yang dapat digunakan dalam pekerjaan pabrik. Rancangan robot ini akan terdiri dari paket baterai 2,3 kWh yang dibawa di batang tubuhnya, sistem chip, dan aktuator untuk menggerakkan anggota tubuhnya. Robot ini dirancang untuk memiliki berat 73 kg.

“Itu tidak siap untuk berjalan. Tapi saya pikir itu akan berjalan” ujar Musk. Musk yang berpotensi ‘mengubah peradaban’ dan menciptakan ‘masa depan yang berlimpah, tanpa kemiskinan’.

CNN Indonesia “Elon Musk Kenalkan Robot Humanoid yang Bisa Gantikan Pekerja Pabrik” selengkapnya di sini:

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20221001140406-199-855046/elon-musk-kenalkan-robot-humanoid-yang-bisa-gantikan-pekerja-pabrik; OlehTim CNN Indonesia. (kha/vws)

Download Apps CNN Indonesia sekarang https://app.cnnindonesia.com/

(Diedit dan disajikan ulang oleh FatchurR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close