Iptek dan Lingk. Hidup

Tentang Harimau Yang Jarang Diketahui

(Cuplikan dari merdeka.com)-Sejak 29/07/2010 ditetapkan sebagai Hari Harimau Sedunia  untuk mengingatkan masyarakat tentang perlindungan harimau dari ambang kepunahan. Pegiat perlindungan hewan memperingatinya tiap tahun.

Tak banyak orang tahu jika Global Tiger Forum di St. Petersburg itu forum penggagas peringatan itu. Pelestarian harimau patut jadi perhatian.

Ada baiknya kita perlu mengenal lebih dekat hewan karnivora ini. Seperti kata pepatah, “Tak kenal maka tak sayang,” maka ketahuilah fakta menarik tentang harimau berikut ini.

1-Bertubuh paling besar diantara keluarga kucing

Panjang harimau dewasa bisa 11 kaki atau 335 Cm. Harimau itu hewan dengan ingatan paling tajam, lebih tajam dari manusia. Penglihatannya juga tajam, 30 kali lebih tajam dari penglihatan manusia di malam hari.

2-Harimau adalah pemburu terbaik di rimba

Insting predatornya dilengkapi kecepatan berlari (60 km/jam). Kemampuan melompat nya 6 meter dengan tinggi 5 meter. Si belang ini perenang andal di antara kucing-kucing lain. Senjatanya cakar yang mampu mengoyak tengkorak beruang dengan satu sabetan.

3-Auman harimau bisa membuat kita mengompol di tempat

Saking kerasnya, aumannya bisa terdengar dari jarak 2 mil. Ternyata bukan cuma bulunya saja yang punya garis hitam, kulitnya juga belang. Pola loreng tiap harimau tidak pernah ada yang sama satu dengan lainnya. Para ahli mengidentifikasi harimau melalui pola garis-garis hitam pada belangnya.

4-Hanya tersisa 5 Spesies dari 8 Spesies di dunia

Dari 5 spesies; Harimau Sumatera ada di Indonesia. Spesies lain, harimau Indochina, China Selatan, Bengal dan harimau Siberia. Sedangkan 3 spesies yang punah : Harimau Jawa dan Bali, serta harimau Kaspia.

Dalam 100 tahun terakhir, populasi harimau turun drastis dari 100.000 jadi 3.000-4.000 ekor. Menurut WWF, populasi harimau hanya 3.890 ekor di dunia, sampai April-2022. Hal ini membuat aktivis pecinta binatang khawatir ancaman kepunahan predator eksotis ini.

5-Harimau jadi ikon Nasional beberapa negara

Yang menjadikan sebagai hewan nasional : Bangladesh, India, Vietnam, Malaysia dan Korsel. Figur harimau terpampang jelas di lambang negara Malaysia dan India. Malaysia pakai simbol 2 ekor harimau mengapit perisai melambangkan kekuatan dan keberanian menghadapi tantangan yang mengadang negara itu.

6-Tiger Woods adalah penguasa rimba Golf

Harimau satu ini punya segudang prestasi di dunia OR. Tiger Woods penguasa rimba golf. Dia salah satu pemain golf tersukses, dan masuk daftar atlet terkaya dunia beberapa tahun. Sekitar 139 kejuaraan dimenangkan selama jadi pegolf profesional (1996-2008).

Pemilik nama asli Eldrick Tont Woods diberi panggilan Tiger sejak kecil. Nama itu diambil dari nama sahabat sang ayah (Earl Woods) yaitu, Kolonel Col. Vuong Dang “Tiger” Phong, semasa perang Vietnam.

Baca artikel “6 Fakta Tentang Harimau Yang Jarang Diketahui” selengkapnya di https://m.merdeka.com/gaya/6-fakta-tentang-harimau-yang-jarang-diketahui.html; Oleh Reporter : Tantri Setyorini; mdk/trs; Dilansir dari berbagai sumber

(Disajikan ulang oleh FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close