Info Daerah n OpiniIslam

P2Tel Tangerang Selatan Gelar KITAB : Taubat bangkitkan semangat hidup selamat dunia dan akherat

(Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)-Berinovasi untuk melayani.

P2Tel Tangerang Selatan terus berinovasi dalam menjalankan operasional dan memberikan pelayanan. Tetap dan terus berkarya untuk anggota terus digelorakan dan digemakan.

Sebagai aktualisasi spirit tersebut antara lain menggelar Kajian Intensif TiAp Bulan (KITAB) Binroh Islam sebagai peluang untukĀ  mengembangkan syiar kebaikan ke lingkup yang lebih luas tidak hanya internal anggota P2Tel Tangerang Selatan saja namun menjangkau atau memberikan kesempatan P2Tel SEJABODETABEK dan lainnya turut bergabung melalui media online dimanapun berada dan berkarya.

Untuk mewujudkan niat mulia tersebut P2Tel Tangerang Selatan menggelar KITAB secara hybrid yaitu acara digelar secara offline di STO Serua Tangerang Selatan dan difasilitasi media online yang bisa diakses peserta dari P2Tel SEJABODETABEK dan peserta dari lokasi yang lainnya.

Persiapan demi persiapan terus dilakukan mulai menyatukan langkah dan simulasi atau gladi resik penyelenggaraan secara hybrid di lokasi acara dengan kameraman A. Makmur dan IT support Eko Yulianto beserta tim.

Dari olah raga ke olah ruh dan olah rasa.

Acara KITAB ini semakin menarik karena satu paket dengan acara sebelumnya yaitu senam pagi. Ketertarikan para peserta sangatlah beralasan karena setelah senam pagi (olah raga) maka dilanjutkan dengan olah ruh bagi peserta yang beragama Islam dan olah rasa dengan menikmati hidangan rebusan, minuman teh hangatĀ  dan lainnya.

Dengan suasana kebersamaan dan memakai kaos bernuanasa warna PUTIH yang bermakna Peduli-Usaha-Taat-Istiqomah-Harmonis maka pembawa acara mengkondisikan seluruh rangkaian acara KITAB ini yang digelar pada Selasa pagi, 17 Januari 2023 berlokasi di STO Serua Tangerang Selatan.

Acara semakin semarak dan tetap khidmad karena acaraĀ  KITAB kali ini diselingi sholawat kepada Rasulullah dan dibuka oleh Susy selaku MCĀ  dengan bacaan basmallah bersama-sama.

LantunanĀ  ayat suci Al Quran hatipun tenang.

Pembacaan ayat-ayat suci Al Quran surat Al Israā€™ ayat 1 s.d 5Ā  dibacakan oleh Qori Zawawi dengan penuh khusyuĀ  semakin menambah kesejukan hati para peserta dan menumbuhkan kesadaran bersama atas kebesaran dan kasih sayang Allah kepadaĀ  hamba Nya.

Adapun sebagai pembaca saritilawah adalah Siti Faida peserta Ngaji Online P2Tel Tangerang Selatan sehingga semakin memberikan pemahaman atas arti firman Allah tersebut.

Kestiqomahan yang berkelanjutan.

KITAB kali ini juga bisa diikuti secara online oleh peserta di luar P2Tel Tangerang Selatan antara lain turut bergabung Koordinator P2Tel SEJABODETABEK (Bambang Riadhy Oemar atau lebih dikenal pak BRO) danĀ  lainnya.

Dalam kesempatan yang berharga ini Koordinator P2Tel SEJABODETABEK menyampaikan spirit message dengan diawali ungkapan rasa syukur atas nikmat sehat dan nikmat kesempatan dapat bergabung di acara KITAB iniĀ  setelah sekian lama disibukkan oleh aktivitas masing-masing.

Acara majlis ilmu KITAB ini sebagai media melatih diri untuk ikhlas dan meningkatkan derajat taqwa serta menggapai ridho Allah.

Sehingga kita berharap meski banyak masalah yang kita hadapi di kala suka maupun duka merupakan proses pembelajaran yang menjadi dorongan untuk meraih kehidupan baru yang lebih baik yaitu kebahagiaan dunia yang sementara ini dan kehidupan akherat yang abadi.

Apalagi tema KITAB kali ini sungguh membesarkan semangat hidup kita untuk taubat semoga Allah mengampuni dosa kita dan ikhtiar ini menghadirkan manfaat bagi seluruh umat.

Lebih jauh pak BRO menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi atas penyelenggaraan KITAB P2Tel Tangerang Selatan ini baik kepada penyelenggara maupun para peserta yang turut memakmurkannya.

Bermuhasabah, optimis dan kebersamaan.

Dalam kesempatan ini KBPC P2Tel Tangerang Selatan (Budi Saptono)Ā  turut bersyukur dan berterimakasih atas bergabungnya pak BRO dan rekan-rekan peserta KITAB baik secara offline maupun online.

Setelah melewati 2022 dan saat ini menapakiĀ  2023 usia kita bukan bertambah namun justru berkurang sehingga mari kita manfaatkan kesempatan yang berharga ini selagi masih ada waktu.

Bermuhasabah diri antara lain dengan semakin lebih dekat dengan Al Quran (membacanya dan mempelajarinya), menjalin sialturahim dan saling memaafkan. Hadapi 2023 dengan rasa optimis dan jadikan acara KITAB ini sebagai ajang silaturahim antara PMP dengan pengurus, antar PMP dan antar pengurus P2Tel Tangerang Selatan.

Kita tetap dan terus jaga soliditas, solidaritas dan saling bersinergi. Simak secara utuh materi tausiyahnya dan semoga Allah mudahkan segala urusan kita.

TausiyahĀ  taubat bangkitan semangat hidup selamat dunia dan akherat.

AlhamdulillahĀ  Allah pertemukan dengan guru kita Ustadz Dr. Aldomi Putra, S.Th.I, MA yang masih muda dan memiliki jam terbang mengarungi perjalanan panjang pensucian jiwa.

Tausiyah diawali dengan pengenalan pengertian taubat yang secara bahasa adalah kembali. Taubat menurut syaraā€™ adalah kembali dari perbuatan yang tercela ke perbuatan yang terpuji (Syeikh Abdul Qadir Isya).

Taubat adalah permulaan jalan para salikhin, pembuka kebahagiaan muridin dan syarat sahnya jalan menuju Allah. Taubat adalah pondasi awal dari menyucikan jiwa (Tazkiyah an Nafs) yang memiliki 3 tingkatan yaitu Takhalli (taubat), Tahalli dan Tajalli.

Allah berfirman dalam surat Hud ayat 52 yang artinya ā€Wahai kaumku minta ampunlah kamu kepada Tuhanmu, lalu bertaubatlah kamuā€.

Menurut hadits riwayat Imam Muslim bahwa Rasulullah bersabda ā€œWahai manusia bertaubatlah kamu kepada Allah danĀ  minta ampunlah kepadanya, sesungguhnya aku bertaubat setiap hari 100 kali.ā€

Rasulullah adalah orang yang maksum selalu memperbaiki taubatnya dan mengulang-ulang istigfar sebagai pelajaran dan syariat bagi umatnya.

Ada 3 syarat taubat yang berhubungan dengan Allah :

  1. Berhenti dari berbuat maksiat,
  2. Menyesali melakukan kemaksiatan dan
  3. Ber-azam (bercita-cita) untuk tidak mengulanginya selama-lamanya. Bila dosa berhubungan dengan manusia maka syarat taubatnya ada 4 syarat yaitu

a-Berhenti dari berbuat maksiat,

b-Menyesali melakukan kemaksiatan,

c-Ber-azam (bercita-cita) untuk tidak mengulanginya selama-lamanya,

d-Terbebas dari hak manusia (minta maaf kepadanya).

Peserta berucap, narasumber menjawab.

Dalam kesempatan tanya jawab ini yang dipandu oleh Suradi selaku moderator mengawali dengan pantun ā€œBila tuan ke Ciputat jangan lupa singgah di STO Serua. Setelah kita ikuti tausiyah dengan semangat, saatnya peserta bertanyaā€.

Dari hasil tanya jawab demi ilmu dan hikmah memberikan pencerahan dan pemberdayaan jiwa antara lain cara kita bertaubat kepada sesama manusia ada 4 cara : berhenti melakukan maksiat, menyesali atas perbuatan maksiat tersebut, berazam tidak mengulangi lagi dan berusaha minta maaf kepada yang bersangkutan.

Istiqfar sebagai perwujudan ikhtiar kita untuk menolkan diri kepada Allah sebagai hamba. Saldo amal kita menjadi ukuran hisab namun masuk syurga seseorang ditentukan atas rakhmat Allah.Ā  Usahakan setiap saat beristigfar dan bacakan Al Fateha kepada ruhku.

Secara umum moderator dengan ciri khasnya menyampaikan pesan moral berupa pantun ā€œIndah nian bunga melati, warnanya sungguh memikat. Bersama Ustadz Buya Aldomi, kita tambah semangat.ā€

Sebagai kesimpulan bahwa tausiyah bersumber pada Al Quran dan hadits Rasulullah serta kitab Imam Nawawi. Dalam penerapannya buatlah buku besar yang berisi checklist tentang perbuatan baik dan buruk, perbanyak saldo amal, perbanyak istigfar dan tranformasi diri dari MPO (Mencari Perhatian Orang) ke MPA (Mencari Perhatian Allah) .

Agar ada learning process maka kita lakukan continual improvement dengan muhasabah atas hasil perhitungan nilai dalam checklist, lakukan pengingat diri dengan ekperimen tertentu (seperti menggigit daging atau bawa korek api atau bereksperimen yang lainnya).

Lakukan taubat secara terintegrasi dari seluruh organ tubuh kita : mata, telinga, lisan, tangan, perut, kemaluan, kaki dan hati.Ā  In syaa Allah bila proses tersebut kita jalani dengan baik dan benar makaĀ  akan memetik hasil bangkitkan semangat hidupĀ  selamat dunia dan akherat.

Akhirnya acara KITAB ini ditutup denganĀ Ā  untaianĀ  doa yang dipimpin langsung oleh Ustadz Dr. Buya Aldomi.

Tangerang Selatan kota yang asri, banyak taman yangĀ  mempesona.

Demikianlah acara KITABĀ  ini semoga kita jumpa di majlis ilmu berikutnya

Disini gunung disana gunung, di tengahnya ada sungai.

Disini untung disana untung, karena kita ikuti acara KITAB ini.

(Suradi-17.01.2023)-FR

P2Tel Tangerang Selatan Gelar KITAB-Taubat bangkitkan semangat hidup selamat dunia dan akherat

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close