Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Yoga YWC Yakes Telkom(06-03-2023)-Senam Ketika Berpuasa

Pada tanggal 24/02/2023 setelah Senam Theramove ada Quesioner untuk  menjaring pendapat kita saat berpuasa, apakah terus senam, lamnya, jam berapa, jenis OR nya dll. Terlepas dari hasil polling itu, akan saya bahas setelah reporetase ini. Marilah kita intip undangan dari YWC Yakes Telkom yang kembali membuka jadwal OR Virtual pada hari tanggal Senin, tanggal 06 Maret 2023 yaitu :

a-Kelas Yoga (08.00 WIB; Gusti Puspa)

b-Kelas Movfitbility (16.00 WIB; Arie Pamuji)

Yang saya sajikan reportasenya kali ini adalah Kelas Yoga yang dipandu oleh mBak Gusti Puspa (dari Yakes Regional II-DKI)  dan dengan pahlawan dibalik layarnya adalah Mas Imam Munandar. Senam yang bertema Flexibilitas itu untuk melemaskan otot otot sehabis libur dua hari tidak senam.

Dengan durasi senam selama 60an menit ituAlhamdulillah berlangsung dengan baik dan lancar. Diikitu oleh penikmat senam ini sebanyak 33 Akun pada amatan jam 08.10 serta dari KJS BLA sebanyak dua peserta, diantaranya Esih Sukaesih (maaf biasanya amatan sampling dari awal hingga jelang akhir, itu tidak saya lakukan)

Sore harinya Anggota KJS BLA lainnya yaitu Atjih Widyaningsih iky senam Theramove dengan pemandu mas Arie Pamuji dari Regional IV Jateng-DIY

Ganti topik ya kembali semula tentang Senam diwaktu Puasa

Puasa tetap harus ber-OR supaya tubuh tetap bugar. OR saat puasa perlu memperhatikan kondisi tubuh dan pemilihan waktu yang tepat. Itulah awal cuplikan saran dari sehatq.com

Ada sejumlah olahraga yang bisa dilakukan di rumah,

Waktu yang tepat

1-Sebelum tidur

2-Sebelum Buka Puasa

3-Setelah buka Puasa

Opsi lain tidak mengonsumsi makanan berat saat berbuka puasa supaya sesi OR Anda efektif dan optimal. Setelah ber-OR, sholat Taraweh dan baru mengonsumsi makan berat.

Setelah Isya juga jadi waktu yang disarankan untuk berolahraga. Pada jam 20an ke atas,

Jenis OR saat Puasa

Bahwa OR fisik ketahanan, plyometrics, kecepatan, dan kelincahan harus dihindari. Pilihlah jenis olahraga yang ringan dan berintensitas rendah. Yaitu yang berdampak baik untuk kesehatan tubuh.

1-Jalan Kaki

2-Yoga (seperti yang kita lakukan dan di fasilitasi YWC Yakes Telkom) selama ini

3-Bersepeda

4-Naik turun tangga

5-Joging (cukup didalam rumah)

6-Tai Chi

7-Sit up dan Push up

Manfaat senam disaat puasa

a-Membakar lemak

b-(Autofagi) yang merupakan proses alami saat tubuh menghancurkan sel-sel yang rusak dan mengganti dengan yang baru dan lebih sehat.

Catatan : Penuhi kebutuhan cairan agar tubuh tetap terhidrasi

Salam Sehat Tekad Kita, Melayani dengan Cinta

(Djuhana; KJS BLA Tegallega)-FatchurR *

Yoga YWC Yakes Telkom(06-03-2023)-Senam Ketika Berpuasa

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close