Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

KJS Bandung Slt Senam Therapeutik(10-07-2023)-Dan Stres

Anda sering stres? Hibur hati anda, lupakan segala permasalahan dan ikuti senam seperti yang diselenggarakan YWC Yakes Telkom yang kali ini hari Senin tanggal (10-07-2023) yang dimulai jam 08.00, yaitu Olah raga Virtual

Dibuka oleh mas Imam Munandar (YWC Yakes Jabar), dan  dipandu oleh Mas Arie Pamuji, wong Semarang dari Yakes Regional IV Jateng DIY. Dari KJS BLA Tegallega Bandung Selatan, diantaranya yang hadir adalah Esih Sukaesih. Sehingga total pesertanya menjadi 66 orang pada pantauan jam 08.37

Alhamdulillah senam ini sukses dan lancar, serta ditutup dengan Quesioner dampak keikut sertaan dalam senam yang diselenggarakan Yakes Telkom

Kembali kita ulas tentang Stres dicuplik dari sumber Halodoc, sebagai berikut :

Sering stres bisa berpenyakit pada fisik. Saat tubuh tak punya waktu membangun  keseimbangan, terlalu banyak kerja, dan sistem kekebalan tubuh melemah, kondisi ini rentan berpenyakit. Proses tubuh yang penting akan terganggu.

Stres bukan hanya perasaan dan stres tak hanya di kepala saja. Stres itu respons fisiologi bawaan yang mengancam. Tubuh akan merespons, dengan menyempitnya pembuluh darah, serta naiknya Tekanan darah dan nadi. Dan bisa bernapas lebih cepat, serta aliran darah dibanjiri hormon kortisol dan adrenalin.

Jika sering stres, waspadai sejumlah dampak penyakit berikut:

1-Penyakit jantung

2-Obesitas

3-Depresi dan kecemasan

4-Cepat tua

5-Sakit kepala

6-Diabetes

Manajeman stres

Bila tubuh dapat menangani stres dengan benar, tubuh akan merespons relaksasi. Ini terjadi karena pelepasan hormon pengimbang. Saat relaksasi terjadi pada sistem saraf parasimpatis, tubuh kembali mengalami keseimbangan.

Kondisi ini memungkinkan detak jantung dan tekanan darah kembali pada tingkat awal. Selain itu, pencernaan juga kembali berfungsi baik.

Untuk membantu pengelolaan stres dan menghindari potensi berkembangnya penyakit yang berkaitan dengan stres. Langkah yang bisa dilakukan :

1-Lepaskan ketegangan fisik dengan sesekali berdiri saat bekerja, naik tangga, atau berjalan kaki selama 5 menit sehari. Apalagi kalau anda memprioritaskan ikut bergabung dengan kegiatan yang difasilitasi YWC Yakes Telkom

2-Dengarkan musik setiap ada kesempatan melalui HP Anda.

3-Bicarakan hal yang membuat Anda stres. Ini membantu melepaskan kecemasan yang berkaitan dengan penyebab stres dan dapat membuka solusi baru.

Salam Sehat (Djuhana; KJS BLA Tegallega)-FatchurR *

KJS Bandung Slt Senam Therapeutik(10-07-2023)-Dan Stres

 

Tulisan Lainnya :

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close