Info Daerah n OpiniIslam

P2Tel Tangerang Selatan Safari Ramadhan 1445H Putaran 4-Beramal shaleh di usia senja untuk meraih ridho Allah

(Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)

 Safari Ramadhan Putaran 4 tetap semangat. Alhamdulillah P2Tel Tangerang Selatan  tetap dan terus istiqomah  bertarbiyah Ramadhan 1445H Terbaik melalui media Safari Ramadhan putaran 4 di rumah Bapak Triana Mulyatsa yang berlokasi di komplek Kuricang Bintaro Tangerang Selatan pada Sabtu, 30 Maret 2024.  Hadir di acara ini perwakilan para senior pensiunan Telkom Tangerang Selatan antara lain pak Setiawan, pak Dodi Sudjani dan bu Nunik.  Hadir juga KBPC, KPC,  para pengurus, para jamaah ngaji online dan bikers dan goweser P2Tel Tangerang Selatan yang sebagian hadir di lokasi dengan naik motor dan sepeda yang menjadi hobynya.

 Usia boleh menua semangat tetap muda.  Pembawa acara  Suradi membuka  acara Safari Ramadhan putaran 4 ini dengan bacaan basmallah bersama-sama. Kemudian dilanjutkan dengan pengantar KPC P2Tel Tangerang Selatan (A. Yuri Gartina)  yang  mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih kepada peserta yang hadir meski harus berjuang menembus hujan gerimis. Meski usia sudah di atas 50 tahun namun tetap bersemangat muda, tampak segar dan bugar. Harapan kita tetap termotivasi untuk menyambut dan mengisi aktivitas ibadah dan amaliyah terutama di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan  dalam upaya menggapai lailatul Qodar.

Shohibul bait berkesan dan berpesan dalam kebersamaan.  Dalam kesempatan Safari Ramadhan Putaran 4  yang  diselenggarakan di rumah pak Triana Mulyatsa selaku shohibul hajat mengungkapkan rasa syukur ke hadirat Allah bisa dipertemukan kembali dengan Ramadhan 1445H. Penyelenggaraan acara ini telah melalui perencanaan yang matang bahkan ada zoom  meeting persiapannya semoga ikhtiar kita ini mendapat ridho Allah. Terimakasih kepada para peserta yang hadir. Ada yang sarungan, ada yang naik motor, ada yang naik sepeda sambil gowesan dan ada juga yang berbaju koko dalam suasana dan aura Ramadhan. Di usia kita saat ini jangan diam dan ayo bergerak dengan cara antara lain ngobrol sesama teman (asal jangan sendirian ngobrol), berpikir dan bergerak keluar rumah termasuk menghadiri acara Safari Ramadhan ini. Nikmatilah hidangan berbuka puasa dengan menu khas dan yang menjadi tugas peserta selain menimba ilmu dan hikmah  adalah habiskan.

Menurut catatan Suradi yang memoderatori acara ini bahwa ada pesan moral dari pak Triana Mulyatsa dengan rumus JUS ENAK yaitu Jangan terlalu seriUS (ada saatnya bersantai juga), ENjoy aja atau nikmati aja hidup ini dan  tetap kompAK (jaga persaudaraan, kebersamaan dan saling peduli antara lain melalui kegiatan komunitas senam, bikers,  gowes, bulutangkis dan lainnya). Dalam kesempatan ini shohibul bait menyambut para peserta dengan senang hati dan dalam suasana kebersamaan.  _Rumah pak Triana suasananya tenang, sangat cocok untuk acara kebersamaan. Manusia hanya bisa merancang, kuasa Allah yang menentukan._

*Pembacaan  ayat-ayat suci Al Quran*.  Lebih dekat  dan lebih akrab dengan Al Quran maka Qori (Bapak H. Zawawi) membacakan Al Quran Surat Ali Imran ayat 92-95 dengan sari tilawah (Ibu Mei Dianawati)  dan   para peserta menyimaknya.  Dengan suaranya yang merdu semakin menggetarkan hati para peserta Safari Ramadhan yang hadir. Semoga kita semakin dekat dan mencintai Al Quran, membacanya, mentadaburinya, mengamalkannya dan mengajarkannya.   _Ada udang di balik batu. Hati inipun tambah tenang, mendengar suara Qori yang merdu._

Kamu sekali-kali tidak akan memperoleh kebajikan (yang sempurna) sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Apa pun yang kamu infakkan, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui tentangnya. (QS 3:92)

Semua makanan halal bagi Bani Israil, kecuali makanan yang diharamkan oleh Israil (Ya‘qub) atas dirinya sebelum Taurat diturunkan. Katakanlah (Nabi Muhammad), “Bawalah Taurat lalu bacalah, jika kamu orang-orang yang benar.” (QS 3:93)

Maka, siapa yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah setelah itu, mereka itulah orang-orang zalim. (QS 3:94)

Katakanlah (Nabi Muhammad), “Maha Benar Allah (dalam firman-Nya).” Maka, ikutilah agama Ibrahim yang hanif dan dia tidaklah termasuk orang-orang musyrik. (QS 3:95)

 Beramal sholeh dengan ilmu meraih ridho dengan berdoa. Tausiyah Safari Ramadhan Putara 4 kali ini bersama Ustadz Syahid Ishamuddin yang  masih muda, menjadi  imam masjid di sekitar lokasi Safari Ramadhan, lulusan pesantren dan telah banyak melakukan syiar dan dakwah di beberapa majlis ilmu atau majlis taklim.

Dalam penyampaian materi tausyah, Ustadz Syahid Ishamuddin mengajak kepada para jamaah majlis ilmu Safari Ramadhan 1445H P2Tel Tangerang Selatan untuk melakukan berbagai amal sholeh seperti ibadah sholat, puasa, zakat dan amal sholeh lainnya yang bermuatan sosial berdasarkan ilmu yang bersumber pada Kitabullah dan Sunnah Rasul agar amal kita tidak tertolak. Caranya adalah dengan menghadiri berbagai majlis ilmu  atau majlis ta’lim seperti acara Safari Ramadhan ini secara istiqomah. Bagaimana untuk meraih ridho Allah adalah setelah kita berikhtiar maka jangan lupa meluruskan niat untuk beribadah kepada Allah dan berdoa untuk meraih ridho Allah.

Peserta bertanya, Ustadz menjawab. Meski ketat waktunya  namun masih ada waktu untuk tanya jawab. Inti dari hasil tanya jawab memberikan trik dan tips meraih Lailatul Qodar antara lain memperbanyak dzikir kepada Allah, memperbanyak baca Al Quran, melakukan i’tikaf di masjid dan bersedekah menyisihkan sebagian rezeki kita.

Seusai tanya jawab dilanjutkan dengan doa penutup yang dipimpin langsung oleh Ustadz Syahid Ishamuddin.   Teriring doa semoga doa-doa kita diijabah oleh Allah. Aamiin.

Dalam kesempatan ini Suradi selaku moderator juga menyimpulkan dengan gaya berpesan moral tentang pentingnya ilmu dan amal sebagai berikut :

 Kecil-kecil buah duku, kalau besar buah salak.

Mari sering menghadiri majlis ilmu, agar amal sholeh kita tidak tertolak.

Indah nian bunga melati, warnanya sungguh mempesona.

Demikianlah acara Safari Ramadhan ini, semoga kita bertemu di majlis ilmu berikutnya

(Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan)-FR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close