Psikologi

Wawancara dengan SGM CDC TELKOM

Untuk mengenal lebih dekat unit CDC Telkom, redaksi bulletin Penstel/Web p2tel.or.id berkesempatan melakukan wawancara dengan SGM CDC Telkom, Ade Sulchi, yang disajikan pada rubrik “Laporan Utama” edisi kali ini. Berikut hasil wawancaranya.

 

  1. 1.       CDC Telkom sebagai sebuah unit kerja yang melaksanakan kegiatan bersifat non-core bisnis Telkom. Mohon dapat dijelaskan ringkas tentang apa, tujuan dan nilai tambah yang dapat diperoleh perusahaan dengan membentuk unit CDC Telkom?.

Jawaban :

Unit Community Development Center (CDC) dibentuk agar dalam pelaksanaan program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) mampu secara efektif menjalankan peran dalam mewujudkan misi perusahaan sebagai good corporate citizenship dengan cara yang memadai dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai regulasi.

Nilai tambah yang diperoleh oleh perusahaan diharapkan terwujudnya kepedulian TELKOM dalam memberikan kontribusi nyata terhadap terbentuknya masyarakat Indonesia yang hidup sejahtera dan mampu melakukan kegiatan ekonomi yang lebih produktif.

 

  1. 2.      Program-program utama apa saja yang sedang ataupun akan dilaksanakan  dibawah kepemimpinan bapak sekarang dalam rangka pelaksanaan misi CDC Telkom ?.

Jawaban :

Visi CDC : “ Menjadikan Perusahaan terbaik di dunia melalui Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan demi keberlanjutan bisnis dan reputasi Perusahaan”.

Misi CDC :

  1. Memberdayakan komunitas Sosial, Ekonomi dan Lingkungan
  2. Memberdayakan komunitas Jaringan Internet dan komunitas Konten yang berhubungan dengan bisnis Telecommunication, Information, Media, Edutainment dan Services (TIMES).

 

Program-program utama CDC meliputi :

  1. ALOKASI 70 % Anggaran BL (Bina Lingkungan) untuk mendukung Information Communication dan Telecommunication (ICT) Telkom yang meliputi :

1)        Program Bantuan Pelatihan sekaligus peningkatan sarana internet untuk sekolah-sekolah di wilayah tertinggal dan terpencil (mendukung Program IndiSchool)

2)        Program Bantuan Broadband Learning Center (sarana pelatihan internet) bagi komunitas masyarakat.

3)        Program Bantuan Revitalisasi Taman Digital di 61 Witel dan 110 Datel berupa perbaikan taman-taman kota dan dilengkapi dengan sarana akses Wifi.

4)        Program Bantuan Hibah Aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat umum, seperti RT / RW Net.

5)        Program Bantuan Hibah Aplikasi dan komputernya untuk layanan kesehatan seperti e-health / e-hospital.

6)        Program Bantuan Pelatihan kewirausahaan bagi Keluarga Pensiunan Telkom.

  1. Alokasi 30 % Anggaran BL untuk mendukung program Madatory Kementrian BUMN berupa terbentuknya 216 komunitas desa miskin binaan Telkom sehingga mampu meningkatkan kesejahteraannya.

 

  1. 3.      Kiat dan upaya penting / strategis yang ditempuh  baik dalam jangka pendek dan rangka panjang untuk mensukseskan program-program CDC Telkom?.

Jawaban :

Kiat-kiat dan strategi dalam mensukseskan Program-program CDC harus berpedoman pada prinsip PKBL antara lain :

  1. Accountability : Sasaran yang akan dicapai jelas, pelaksanaannya dapat dipertanggungjawabkan secara manfaat dan pengelolaan dananya, sehingga pengelolaannya dapat terlaksana secara efisien dan efektif.
  2. Independency : Pengelolaan PKBL dilaksanakan secara profesional tanpa benturan kepentingan serta pengaruh tekanan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  3. Fairness : Memberikan perlakuan yang sama kepada masyarakat dalam pembinaan lingkungan dan tidak mengarah untuk memberikan keuntungan kepada pihak tertentu dengan cara dan alasan apapun.
  4. Transparancy : Semua proses pengambilan keputusan dalam melakukan evaluasi dan penetapan secara terbuka bagi masyarakat yang berminat terhadap PKBL.
  5. Responsibilty : Kesesuaian dalam tanggungjawab pengelolaan PKBL  terhadap peraturan yang berlaku.

Disamping hal tersebut diatas untuk memastikan evaluasi dan monitoring keberhasilan Program CDC juga telah memiliki :

1)      Peraturan Direksi Pengelolaan PKBL :

a)      KD.21/PR000/COP-B0030000/2010 tentang Pengelolaan PKBL.

b)      KD.12/PS150/2008 tanggal 5 Februari 2008 tentang Organisasi Pengelolaan PKBL ( Community Development Center)

2)      Sistim Informasi Manajemen / SIM PKBL yang terintegrasi di seluruh area.

3)      Standard Operating Procedure (SOP) Pengelolaan PKBL.

4)      Rencana Kegiatan dan Anggaran yang setiap tahun ditetapkan oleh Direksi dan diketahui oleh Kementrian BUMN.

 

  1. 4.      Dalam periode kepemimpinan bapak saat ini, tantangan dan target apa saja menurut skala prioritasnya yang bapak sedang hadapi dan untuk diselesaikan?.

Jawaban :

Tantangan saat ini adalah :

  1. Regulasi dari Kementrian yang sangat update dan sinkronisasi dengan kepentingan bisnis perusahaan.
  2. Pemerataan pemberian bantuan sesuai asnaf dan program di area dengan alokasi anggaran terbatas.
  3. Sistem evaluasi dampak dari program bantuan ke komunitas masyarakat.
  4. Kecepatan dan akurasi data pelaporan PKBL, sehingga lebih akuntabel.

Prioritas pembenahan saat ini adalah :

  1. Kecepatan  dan akurasi data pelaporan PKBL disolusi melalui perbaikan SIM PKBL diupgrade ke Versi 2.0, sehingga menjadi lebih akurat dengan fitur yang lebih lengkap.
  2. Distribusi alokasi bantuan Bina Lingkungan ke Area disesuaikan dengan Kontribusi Revenue Telkom.
  3. Sistem Evaluasi dampak bantuan, dilakukan dengan kerjasama Institusi Pendidikan (akademisi).

 

  1. 5.      Baik dalam misi CDC Telkom maupun P2TEL ada beberapa kesamaan program yang bersinggungan erat misalnya terkait aspek peningkatan bina lingkungan dan keterampilan. Menurut pendapat bapak hal-hal dan peluang apa saja yang seharusnya masih bisa dikembangkan dan disinergikan melalui  hubungan kerja kemitraan yang memungkinkan antara CDC Telkom dengan P2TEL?.

Jawaban :

Program yang sudah dilakukan sinergi antara lain adalah Program Pelatihan Kewirausahaan bagi keluarga pensiunan dimana sekarang sudah melatih sebanyak 370 orang dari taget 700 orang, yang ke depan bisa ditingkatkan baik secara kwantitas peserta latihan maupun keragaman materi.

 

No

UNIT KERJA

NAMA PELATIHAN

JUMLAH PESERTA

1 CD AREA I Ternak Ikan Lele

30

2 CD AREA II
  1. Teknisi Lampu TL
  2. Teknisi Lampu TL
  3. Pengobatan Bekam
  4. Pengobatan Bekam

33

31

35

34

3 CD AREA IV
  1. Teknisi Lampu TL
  2. Ternak Kelinci
  3. Ternak Ikan Tawar

39

39

40

4 CDC CO
  1. Teknisi Lampu TL
  2. Teknisi Lampu TL

33

31

5 CDC CO Pelatihan Tataboga

25

6 CD AREA VII Pelatihan Tataboga

40

Jumlah

370

 

(Edited by ims 7 June 2013)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close