Selingan

Mobil Pertama Orang Indonesia Berada Di Belanda

(oto.detik.com)-JAKARTA; Perkembangan industri otomotif di Tanah Air tak lepas dari sejarah. Salah satunya cerita pemilik mobil pertama di Indonesia.

 

Ketika itu, Sri Susuhunan Pakubuwono X pemilik mobil pertama di Indonesia, Benz Victoria Phaeton itu mobil yang dia miliki pada 1894. Menjadi mobil mewah pada masanya. Mobil ini tersimpan baik dan jadi koleksi di Museum Louwman. Berikut fakta mobil Benz Victoria Phaeton, doeloe dimiliki Raja Kasunanan Surakarta PB X.

 

1-Spesifikasi bisa menampung hingga 6 penumpang

Mercedes-Benz Victoria Phaeton dibekali 1 silinder, mesin 2.0 L, tenaga 5 hp. Walau tenaganya tidak besar, mobil ini mampu menampung 6 penumpang. Yang menarik area kruk as atau crankshaft tidak tertutup. Artinya mesin mobil bertenaga 5 dk itu harus dihentikan setiap saat untuk dilumasi manual. Dan untuk menyalakan mesin mobil, flywheel harus ditarik kuat.

 

2-Kendaraan Mewah di masanya

Di masanya, Benz Victoria Phaeton jadi kendaraan mewah di Pulau Jawa. Tunggangan raja ini dilengkapi atap dengan kanopi bermotif garis-garis hijau kombinasi putih dan dilengkapi tirai untuk melindungi penumpang dari matahari. Tambahan aksesori ‘summer roof’ itu dijual terpisah dengan banderol saat itu 175 Mark.

 

3-Mobil pertama Mercedes Benz yang tiba di Indonesia

Benz Victoria Phaeton, mobil pertama yang masuk ke Indonesia. Mobil ini tiba pelabuhan Semarang 8 tahun setelah Benz pertama diciptakan oleh Karl Benz, sang pencipta Mercedes-Benz.

 

4-Dijuluki kereta setan

Cerita menarik dari kemunculan mobil pertama itu di Indonesia. Saat itu alat transportasi yang umum adalah kereta kuda. Namun karena mobil tersebut bisa berjalan sendiri tanpa ada kuda di depannya, kemudian muncul istilah ‘Kereta Setan’.

 

5-Berpindah ke Belanda

Mengutip info dari laman Louwman Museum, Benz Victoria Phaeton pernah diikutkan pameran RAI Amsterdam Motor Show tahun 1924, sebagai jenis kendaraan klasik. Waktu ikut pameran, mobil itu berusia 29 tahun, sejak dikirim dari Pulau Jawa ke Belanda.

 

6-Wara wiri di Pameran Otomotif

Sebelum jadi koleksi museum, Benz Victoria Phaeton dimiliki Royal Dutch Automobile Club (KNAC) bertahun-tahun. Sejak 1970-an mobil ini hadir secara reguler di acara London to Brighton Veteran Car.

 

7-Upaya kembali ke Indonesia

Setelah tinggal lama di Belanda, mungkinkah Benz Victoria Phaeton bisa dibawa ke Indonesia? Terlebih kini replika sang kakak, Benz-Patent Motorwagen, jadi penghuni tetap Museum Nasional Indonesia.

 

“Tadi sudah saya laporkan ke pak Dirjen Kebudayaan, supaya Benz Victoria Phaeton) bisa dipulangkan, karena itu sejarah pertama mobil di Indonesia,” kata Kepala Museum Nasional Siswanto, kepada wartawan di Jakarta, (8/2/2020).

 

“Kita upayakan, karena merupakan sejarah. Apalagi ada kakaknya tertua di sini (Museum Nasional), itu memudahkan kami bernegosiasi dengan pihak museum yang ada di Belanda,” ujar Siswanto.

 

(riar/riar; Foto: louwmanmuseum;  Bahan dari : https://oto.detik.com/mobil/d-4891888/7-fakta-mobil-pertama-orang-indonesia-yang-disimpan-belanda?tag_from=wpm_nhl_2)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close