Hobi danKetrampilanSelingan

Mengenang mainan tradisional

10. bola Bekel
Umumnya dimainkan anak perempuan tapi permainan ini bisa dimainkan anak lelaki. Bekel merupakan permainan melontarkan bola ke atas dan menangkapnya kembali. Saat bersamaan harus mengambil atau mengubah posisi biji-biji yang ada sesuai peraturan tingkat kesulitan yang dijalankan.

9Pletokan9. Pletokan
Pletokan dibuat dari bambu, panjang 30 cm diameter 1-1/2 cm. Bambu dipilih yang kuat-tua supaya tidak cepat pecah. Bambu dibagi dua. Untuk penyodok, bambu diraut bundar sesuai lingkaran laras dan bagian pangkal dibuat pegangan ± 10 cm. Potongan bambu yang lain, ujungnya ditambah daun pandan / daun kelapa yang dililit membentuk kerucut agar suaranya lebih nyaring. Peluru dibuat dari kertas yang dibasahkan, kembang, atau pentil jambu air. Peluru dimasukkan ke lubang laras sampai padat lalu disodok.

 

8Dakon-Congklak8. Congklak
Permainan tradisional ini dikenal dengan berbagai macam nama di seluruh Indonesia. Biasanya dalam permainan, sejenis cangkang kerang digunakan sebagai biji congklak dan jika tidak ada, kadangkala digunakan juga biji-bijian dari tumbuh-tumbuhan.

 

 

7Ular Naga7. Ular Naga
Permainan ini berkelompok, biasa dimainkan di luar rumah di waktu sore dan malam hari. Tempat bermainnya di tanah lapang atau halaman rumah yang agak luas. Lebih menarik apabila dimainkan di bawah cahaya rembulan. Pemainnya biasanya sekitar 5-10 orang, bisa juga lebih, anak-anak umur 5-12 tahun (TK – SD).

 

 

6jumpritan-Petak Umpet6. Petak Umpet (jumpritan)
Petak umpet adalah sejenis permainan yang bisa dimainkan oleh minimal 2 orang, namun jika semakin banyak akan semakin seru.

 

 

5Layangan5. Layangan
Paling cocok dimainin pas hari berangin kayak akhir-akhir ini. Peringatan: dapat menyebabkan kulit hitam dan rambut jadi berwarna gaul.

 

 

4Kelereng4. Kelereng
Permainan paling ngangenin bagi kaum cowok (bukan karena punya kelereng), tapi pasti inget masa jayanya main kelereng menang terus sampe punya beberapa toples kelereng.

 

 

3Monopoli3. Monopoli
Monopoli adalah salah satu permainan papan yang paling terkenal di dunia. Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan.

 

 

2Gasing2. Gasing
Gasing / Gangsing / Panggal adalah mainan yang bisa berputar pada poros dan berkesetimbangan pada suatu titik. Gasing merupakan mainan tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologi dan masih bisa dikenali.

 

 

 

1Taplak Gunung1. Taplak Gunung
Biasa dimainin sama anak cewek, tapi anak cowok juga sering nyobain demi menjalin pedekate sama anak cewek. Mainnya lempar batu, sampe mencapai level tertinggi (gunung), bahkan ada lagi level lebih tinggi diciptain, level bintang. Entah kenapa namanya taplak gunung, padahal gunungnya nggak ditutupin pake taplak.

Semoga menjadi kenangan bagi anda  (http://www.memobee.com/10-jenis-mainan-anak-jaman-dulu-4895-eij.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close