Iptek dan Lingk. Hidup

2017 Bukalapak focus kecepatan

Jakarta-Tahun 2016 dilewati Bukalapak dengan sejumlah pencapaian, di antaranya nilai transaksi yang mencapai Rp 10 triliun, pendapatan bersih naik hingga 7x lipat, dan peningkatan jumlah pelapak dari 400.000 pelapak di 2015 jadi 1,3 juta pelapak di 2016.

 

Co-Founder dan CEO Bukalapak, Achmad Zaky menyampaikan, fokus Bukalapak di 2017: be faster atau lebih cepat dalam melayani, mulai dari proses pembayaran, pengiriman barang, hingga akses ke website dan ke aplikasi Bukalapak.

 

“Tahun ini, kecepatannya kita tingkatkan. Misal di pengiriman, kalau dulu eCommerce sampai seminggu, kita yang pertama berani 2 hari. Kalau tidak sanggup, pelapaknya kita cut dan uangnya dikembalikan. Awalnya diprotes pelapak, tapi layanan lebih cepat itu positif pada bisnis” ujar Achmad Zaky, (10/1).

 

Standar pengiriman maksimal 2 hari itu menurutnya terus ditingkatkan bertahap. Namun Zaky tak ingin buru2 agar tidak sampai mengganggu bisnis di Bukalapak keseluruhan. “Kita mau naikin standarnya, tapi belum tahu kapan, dianalisa terus. Kini pengiriman bekerja sama dengan kita, proses pengirimannya ada yang satu jam,” tutur Zaky.

 

Agar tidak terus2an rugi, Bukalapak selalu berinovasi menghadirkan fitur2 berbayar untuk pelapaknya sebagai sumber pemasukan Bukalapak. Di sisi lain, fitur2 itu dihadirkan untuk meningkatkan pendapatan para pelapak. Misal fitur BukaIklan dan premium membership yang diklaim menaikkan rata2 pendapatan pelapak 10xi lipat.

 

Zaky tidak punya target di 2017. Pasalnya industri online marketplace tergolong baru dan belum matang, sehingga pertumbuhannya sulit diprediksi. Melihat capaian Bukalapak dari tahun ke tahun, ia  optimis pertumbuhan Bukalapak tahun ini minimal sama dengan tahun sebelumnya.

 

“Harapannya bisa naik tinggi. Yang terpenting misinya terwujud, yaitu menaikkelaskan UKM (Usaha Kecil dan Menengah), dari yang pendapatannya Rp 1 juta jadi Rp 5 juta, dari yang Rp 5 juta jadi Rp 10 juta,”. (Herman/YUD; BeritaSatu.com dan http://www.beritasatu.com/digital-life/408702-memasuki-2017-bukalapak-fokus-soal-kecepatan.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close