Iptek dan Lingk. Hidup

Bandara Gibraltar miliki jalan unik

Anda pasti tercengang melihat penampakan ini. Sebuah bandara yang biasa punya landasan pacu sendiri dan jauh dari keramaian kota namun yang satu ini, Bandara Gibraltar menggunakan jalan raya sebagai landasan pacunya.

 

Bandar Udara North Front atau dikelanal dengan Bandar Udara Gibraltar (North Front Airport / Gibraltar Airport) ini bandar udara sipil yang melayani Wilayah seberang laut Britania, Gibraltar. dalam kepemilikannya Bandar udara ini (Bandara Gibraltar) dimiliki Kementrian Pertahanan Inggris.

 

Bandara Internasional Gibraltar satu2nya bandara besar di dunia (kelas A) yang dilintasi jalan raya. Ini karena faktor sejarah serta pertumbuhan ekonomi. Gibraltar, wilayah kecil milik Inggris berbatasan dengan Spanyol. Gibraltar adalah semenanjung kecil, luasnya 6,8 km2 terletak di selatan Spanyol.

 

Bandara Gibraltar 2Gibraltar jadi milik Inggris sejak abad ke-18 dan strategis sejak perang dunia ke 2. Inggris membangun bandara itu tahun 1939 untuk pesawat militernya. Lokasi pemilihan bandara dekat dengan perbatasan negara Spanyol karena wilayah itu se-mata2 wilayah yang paling datar untuk dibangun bandara.

 

Seiring waktu, Gilbraltar berkembang jadi kota yang besar. Untuk memenuhi kebutuhan warga kotanya, pemerintah membangun jalan raya menuju Spanyol. Uniknya, jalan itu suka tidak suka harus memotong bandara Gilbraltar.

 

Kini jalan bernama Jalan Winston Churchill Avenue itu jadi jalan satu2nya ke negara Spanyol. Setiap kali pesawat akan mendarat dan lepas landas, jalan ini akan ditutup 10 menit. Sebenarnya ada rencana membangun terowongan, tapi hingga saat ini rencana itu belum terlaksana.

 

Pemakai jalan Winston Churchill Avenue terbilang untung karena transportasi tidak begitu terganggu sebab bandara ini melayani 30 penerbangan seminggu. Meski di Gibraltar (Inggris), Bandara Gibraltar juga digunakan masyarakat dari dan ke Spanyol yang berdekatan seperti Campo de Gibraltar dan Costa del Sol. (http://www.markijar.com/2016/07/uniknya-bandara-gibraltar-miliki-jalan.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close