TELKOMGrup dan SEKAR

IoT Kampus UI buka Gembok Sepeda pakai QR Code

(inet.detik.com)-Adopsi teknologi Internet of Things (IoT) bukan wacana di Indonesia. Implementasinya merambah ke berbagi sektor, termasuk sektor transportasi melalui konsep bike sharing. NB-IoT (Narrowband Internet of Things) ini hasil kolaborasi UI, Telkomsel, Banopolis serta Huawei.

 

NB-IoT diaplikasikan lewat ekosistem sepeda kuning (Spekun) di lingkungan UI yang hadir sejak (2010). Hanya, kala itu konsep bike sharing dengan cara tradisional, yaitu terdapat penjaga yang mengawasi tiap pos penyewaan sepeda. Beda dari penerapannya yang kini memanfaatkan teknologi NB-IoT.

Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis dalam sambutannya, bangga UI jadi kampus pertama dalam penerapan sistem bike sharing generasi 4+. Hal ini sejalan dengan cita-cita kampus yang berpusat di Depok, Jawa Barat itu dalam membuat lingkungan pendidikan yang smart dan green.

“Kami harap penerapan Spekun (sepeda kuning) dimanfaatkan civitas UI dan bisa mewujudkan impian kampus menciptakan lingkungan green dan smart,” ujar Anis di Gedung Apung, UI Depok (14/3/18). Dirut Telkomsel Ririek Ardiansyah mengatakan penerapan teknologi NB-IoT sejalan dengan misi Telkomsel melakukan transformasi digital dan jadi terdepan dalam menerapkan teknologi seluler terkini.

“Salah satu yang kami lihat bisa dijalankan (IoT) adalah transportasi, bike sharing. Bike sharing yang IoT ini pertama kali di Indonesia, bahkan Asia Tenggara Mengapa UI? Karena UI adalah universitas ternama, dan operator ternama bergandeng dengan kampus ternama” paparnya di kesempatan yang sama.

Rencananya, bike sharing NB-IoT ini hanya bisa dipakai civitas UI. Teknologi ini dipasang pada sepeda dan juga tiang penyangga sepeda. Untuk menggunakannya, perlu aplikasi yang berfungsi sebagai kunci membuka gembok sepeda di tiang melalui kode QR.

 

Aplikasi Spekun juga menyediakan informasi tentang lokasi sepeda, hub tiang parkir terdekat, dan jumlah sepeda yang tersedia di tiap hub. Untuk saat ini baru tersedia tiga spot, yakni di stasiun UI, stasiun Pondok China, dan perpustakaan UI.

Jumlah sepedanya awal2 baru tersedia 20 unit. Akan ada penambahan sampai 840 yang ditargetkan tercapai di awal (201), pungkas Rektor UI. (Jsn/Ash;  Muhammad Alif Goenawan; Bahan dari :  https://inet.detik.com/cyberlife/d-3916137/iot-di-kampus-ui-buka-gembok-sepeda-pakai-qr-code)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close