RSS Feed     Twitter     Facebook

Refleksi Diri: Selagi Masih Ada Waktu(3/3)

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 15 views    Font size:
Refleksi Diri: Selagi Masih Ada Waktu(3/3)

Hidup menyimpan banyak misteri dan sejuta teka-teki. Kadang yang terjadi sulit dipahami pikiran, kecuali dengan hati dan iman, bahwa sebagai manusia kita harus berjuang dan yakin akan datangnya sukses.

 

Padahal, Allah akan memberi jalan keluar dari tiap kesulitan, dan akan memberinya rezeki dari arah yang tidak di-sangka2. Karena itu, milikilah kekuatan batin mengubah kehidupan jadi lebih baik. Kini Anda bisa bertanya pada jiwa Anda yang sangat jujur, apakah Anda termasuk orang sukses atau orang gagal?

 

Prinsip yang harus kita pahami, apa yang Anda dapatkan hanya sebesar  apa yang Anda yakini. Berhasil atau tidaknya hidup ini  tergantung cara kita berpikir. Apa yang kita pikirkan saat itu, itulah hidup kita.

 

Bila pikiran Anda memandang diri Anda kecil dan tidak memiliki apa2, maka dunia tampak sempit,  dan apa yang Anda lakukan pasti tidak maksimal. Namun, bila pikiran Anda memandang Anda punya potensi, maka dunia akan terlihat luas. Anda akan dapat melakukan hal2 penting dan berharga.

 

Anda harus berpikir besar untuk dapat  meraih sesuatu yang besar. Dengan berpikir besar akan muncul  gagasan2 spektakuler yang menakjubkan. Apabila Anda ingin mengubah kepahitan hidup jadi kebahagiaan, mengubah kegagalan jadi kesuksesan, lakukan breakthrough.

 

Dengan Spirit of Breakthrough, insya Allah, Anda mampu mengeluarkan virus2 negatif yang tersimpan di  badan, pikiran, hati dan jiwa. Anda akan benar2 terjaga dalam pikiran positif, memiliki akhlak terpuji, ikhlas dan rendah hati. Memiliki rasa percaya diri tinggi, tingkat kesehatan prima, dan kematangan jiwa.

 

Jangan sampai di usia Anda kini masih mengizinkan ada rasa benci, takut, dendam, iri hati, dan kecewa, bersemayam di hati Anda. Ganti dengan kedamaian, ketenteraman, kebahagiaan, kesuksesan, kemuliaan, keagungan, dan kehormatan.

 

Keluarga dan anak2 Anda pasti  bangga memiliki ayah atau ibu yang sukses namun tidak banyak menuntut, dan rendah hati. Sebagai ortu merasa bangga memiliki anak2 yang tangguh dan optimistis dalam menyongsong masa depannya.

 

Dengan merefleksi diri, kita akan tersenyum melihat catatan-catatan masa lalu. Sesekali, pejamkan mata Anda, karena ketika mata terpejam, sesungguhnya hati Anda melihat. Bagaikan melihat album kenangan, ternyata banyak hal lucu yang telah kita lakukan. Tersenyumlah, dengan senyum Anda akan merasa lebih sehat dan bahagia.

 

Setelah kita evaluasi, selayaknya kita juga membuat perencanaan kegiatan untuk setahun yang akan datang, baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Lakukan evaluasi dan perencanaan sesuai dengan kebutuhan.  Demi tercapainya tujuan bersama, lebih bijak jika seluruh anggota keluarga dilibatkan, diajak untuk berpikir merancang masa depan bersama-sama. Itulah esensi dan hikmah yang bisa kita dapatkan jika kita mau merefleksi diri dengan melakukan tafakkur, tadabur, dan tasyakur. Allah akan memberi kehidupan yang lebih baik apabila Anda benar-benar menghendakinya.

 

Oleh karena itu, selagi masih ada waktu, lakukan sesuatu dan berikan yang terbaik buat orang-orang yang Anda cintai. Kita harus meyakini, entah butuh berapa lama, dan entah kapan, kebahagiaan pasti akan datang. Semua itu tinggal menunggu waktu.

 

Diiringi dengan kesadaran untuk wajib bersyukur, maka siapa pun Anda dan apa pun profesi Anda, akhirnya Anda akan dapat menikmati kenyataan hidup dengan senyuman. Hamparan cahaya kebajikan telah dibentangkan Allah untuk diraih hamba-Nya yang beriman. Keberkahan,  kebahagiaan, dan ketenteraman hidup akan segera memihak kepada Anda. Jika Anda dapat meraih itu semua, maka tanpa Anda sadari sesungguhnya Anda telah mendapatkan surga sebelum waktunya.

(Bandung, 28/11/11; Muchtar AF; Taman Kopo Indah C; E-mail: muchtar_af@yahoo.com)-FR *Tamat……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code