Iptek dan Lingk. Hidup

Pesawat Terbesar Dunia Bersayap lebih panjang dari Lapangan Bola

(autotekno.sindonews.com)-Washington; Ambisi pendiri Microsoft, Paul Allen meluncurkan pesawat terbesar di dunia yang bisa mengirim roket pembawa satelit ke luar angkasa hampir final.

Mengutip dari Business Insider, (5/7/18), Stratolaunch, nama pesawat ini memiliki dua badan dan kokpit terpisah, dirancang untuk meluncurkan roket ke ruang angkasa pada orbit rendah Bumi. Pesawat ini akan meluncurkan roket dari orbit dengan ketinggian 99 mil hingga 1.200 mil di atas permukaan Bumi.

 

Tujuan dirinya membangun pesawat ini untuk menyediakan akses yang mudah, dapat diandalkan, dan rutin terbang ke orbit rendah Bumi. Dengan meluncurkan roket ke ruang angkasa dari udara, Stratolaunch diharapkan akan lebih murah ketimbang peluncuran ruang angkasa yang ada sekarang.

 

Pemilik Stratolaunch Systems Paul Allen berharap, pesawat ini dapat meluncurkan roket seukuran pesawat ulang alik milik NASA pada suatu hari nanti, menurut Washington Post.

Pesawat ini panjangnya 238 kaki alias 72,54 mt (1 kaki = 0,30 meter), tinggi 50 kaki (15,24 mt), dan memiliki 6 mesin turbofan berteknologi tinggi. Lebar sayapnya 385 kaki (117,34 mt), membuatnya lebih besar dari lapangan sepak bola. Menobatkan pesawat ini pesawat terbesar di dunia, mengalahkan pesawat Antonov AN-225 buatan Ukraina dengan panjang sayap 290 kaki.

 

Pesawat Stratolaunch berbobot 500 ribu pon dengan 28 roda diantara dua pesawatnya. Sejak diresmikan (Juni 2017), Stratolaunch menjalani serangkaian tes sebelum melakukan penerbangan pertama. Peluncuran roket ke angkasa dilakukan dari Stasiun Luar Angkasa International (International Space Station/ISS) di orbit ketinggian antara 205-270 mil di atas permukaan Bumi.

 

Pada Februari-2018, perusahaan menguji landasan dian pesawat ini mencapai kecepatan maksimum 46 mil per jam (mph). Menurut GeekWire, Stratolaunch dijadwalkan akan melakukan penerbangan pertama pada musim panas-2018.

 

(ven; Bona Ventura; Bahan dari :  https://autotekno.sindonews.com/read/1318997/124/pesawat-terbesar-di-dunia-dengan-sayap-lebih-panjang-dari-lapangan-sepak-bola-1530740604)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close