Kesehatan

Obat2an yang sebaiknya tidak di konsumsi sebelum OR

(health.detik.com)-JAKARTA; Beberapa jenis obat terbukti tidak baik dikonsumsi sebelum OR. Obat dikhawatirkan berefek buruk pada kesehatan dan hasil latihan. Dikutip dari Times of India, berikut daftar obat2 yang mudah ditemui dalam keseharian.

 

Jenis obat ini digunakan untuk mengatasi gelisah dan gejala depressi. Efek samping menggunakan SSRIS adalah muncul kantuk dan tingkat energi menurun. Konsumsi SSRIs saat OR menyebabkan keluarnya keringat berlebih dan mulut kering. Keringat yang terlalu banyak berisiko mengakibatkan dehidrasi.

Benzodiazepines
Obat ini untuk mengobati kegelisahan dan serangan panik. Obat bekerja dengan mengurangi rangsangan di otak sehingga pasien lebih tenang. Efek samping penggunaan obat sebelum OR, selalu merasa letih dan kehabisan energi sebelum latihan dimulai. Ini bisa mempengaruhi kemampuan dan manfaat yang diperoleh dari OR.

Obat tidur
Sesuai namanya, obat ini untuk mengatasi gangguan susah tidur misal insomsnia. Efek samping konsumsi obat tidur sebelum OR terasa hingga keesokan harinya. Obat tidur menyebabkan munculnya keringat setiap saat dan mudah hilangnya keseimbangan tubuh.

Obat anti alergi
Konsumsi obat anti alergi kerap menyebabkan munculnya rasa kantuk. Efek lainnya adalah rasa lelah dan mudah hilang keseimbangan yang akan hilang dengan sendirinya. Olahraga sebaiknya dijadwalkan setelah efek obat hilang supaya memperoleh manfaat maksimal, tanpa muncul keringat berlebih dan risiko dehidrasi.

Dekongestan
Obat jenis ini untuk melegakan hidung yang tersumbat. Olahraga setelah mengonsumsi dekongestan berisiko menyebabkan peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Efek ini berbahaya bagi penderita hipertensi karena bisa memicu serangan jantung.

Laksatif
Golongan laksatif digunakan mengatasi sulit buang air besar atau konstipasi. Konsumsi laksatif sebelum OR menyebabkan kram perut. Laksatif menimbulkan kontraksi otot pada organ pencernaan hingga menimbulkan sakit. (up; up; Rosmha Widiyani; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4191719/obat-obatan-yang-sebaiknya-tidak-dikonsumsi-sebelum-olahraga)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close