Aku cinta Indonesia

Hajatan IMF-WB membuat Bali Panen

(cnnindonesia.com)-JAKARTA; Kesuksesan Annual Meeting IMF-WB 2018 dinilai berefek domino positif terhadap wisata Indonesia. Menpar Arief Yahya menuturkan momentum itu harus dimanfaatkan sebaik mungkin setelah acara global itu selesai.

“Agenda ini juga bisa jadi contoh bagi daerah lain dalam membuat wisata MICE. Indonesia punya banyak kelebihan di bidang ini. Keberhasilan penyelenggaraan IMF-WB itu buktinya,” kata Arief, Senin (15/10). Acara itu berimbas ke hotel, transportasi, selain belanja dari puluhan ribu delegasi yang datang.

Menko bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyatakan pelayanan di Indonesia berkelas sehingga penyelenggaraan di masa datang harus ditingkatkan. “Indonesia disebut bisa menyelenggarakan pertemuan yang luar biasa rapinya. Semua sesuai jadwal. Tidak ada yang meleset”.

Luhut menambahkan, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde menyambut baik yang diberikan Indonesia di pertemuan ini. Juga Presiden World Bank Group, Jim Yong Kim. “Madame Lagarde duduk di samping saya pas host country reception kemarin, dia bilang well done. Jim Kim juga memberikan ucapan sama,” katanya.

Pertemuan AM IMF-WB 2018 di Bali diklaim yang terbesar sepanjang sejarah. Hal ini dapat dilihat dari jumlah peserta yang besar. Tercatat 36.619 orang. “Dan ini berdampak jelas kepada perekonomian khususnya Bali. Pastilah dampak pertumbuhan ekonomi Bali lebih dari 6,54%,” katanya.

 

Sumbangan terbesar
Salah satu penyumbang ekonomi terbesar dari sektor pariwisata. “Turis asing hampir 3.000 orang yang ke berbagai tempat : Ke Bali, Lombok, Mandalika, Gili Trawangan, ada juga yang ke Labuan Bajo, Komodo, malah ke kampung saya juga ada ke Toba” katanya.

Gubernur Bali I Wayan Koster menuturkan pariwisata Bali benar2 panen besar yakni ketika tempat itu dikunjungi wisatawan dari 189 negara dalam satu kesempatan.

 

“Saya monitor sebagian delegasi ini ada di Bangli di desa kuno di Penglipuran, ke Ubud, ke Kintamani, ke Tanah Lot. Jadi ke mana2. Jadi selain menikmati suasana pertemuan juga menikmati destinasi wisata. Ini manfaat langsungnya” katanya. (egp; asa; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20181015173948-269-338635/hajatan-imf-world-bank-bikin-bali-panen-besar)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close