Iptek dan Lingk. Hidup

Ukraina menjadikan Chernobyl Ladang Panel Surya

(koran-jakarta.com)- CHERNOBYL; Pemerintah Ukraina pada (5/10) meresmikan ladang panel surya di bekas pembangkit energi nuklir Chernobyl. Peresmian panel surya ini bertujuan memberi perspektif lain pembangkit energi setelah tragedi nuklir di Chernobyl (1986).

 

Proyek panel surya senilai 1,2 juta dollar AS yang bisa membangkitkan energi listrik 1 MW itu berlokasi beberapa ratus meter dari sisa kubah raksasa dari pembangkit energi nuklir yang mengalami kebocoran. “Hari ini kita sambungkan stasiun pembangkit energi surya ini ke sistem energi di Ukraina” kata ketua proyek panel surya Chernobyl, Yevgen Varyagin.

 

Proyek panel surya ini dibangun perusahaan patungan dari Jerman-Ukraina. Ladang panel surya Chernobyl ini membentang 1,6 ha berkapasitas listrik yang mampu menerangi 2.000 rumah. Rencananya ladang surya Chernobyl terus dikembangkan pembangunannya dari tanah pertanian yang puso akibat radiasi hingga sanggup menghasilkan 100 megawatt listrik.

 

Otoritas di Ukraina menawarkan lahan teramat murah seluas 2.500 ha lagi bagi investor yang berminat membangun ladang panel surya di Chernobyl. Sejauh ini banyak investor menaruh minat atas proyek ini yang pada akhirnya akan dibeli oleh Ukraina.

 

Diversifikasi energy

Kebutuhan Ukraina atas energy, tinggi setelah negara itu menghentikan pembelian gas alam dari Rusia tahun2 terakhir dengan tujuan demi diversifikasi pembangkit listrik. Menurut perkiraan, saat reaktor nomor 4 di pembangkit energi nuklir Chernobyl mengalami ledakan (26/4/1986), bencana ini telah mengkontaminasi 3 dari 4 wilayah Eropa, termasuk wilayah Russia, Ukraina, dan Belarus.

 

Saat bencana nuklir itu, otoritas Russia harus mengevakuasi ratusan ribu warga dan sebagian besar wilayah dengan luas 2.000 km2 harus ditinggalkan. Pada 2000, reaktor Chernobyl dihentikan sehingga menjadikan kota industri itu mati.

 

Menurut otoritas Ukraina, manusia tak bisa lagi hidup di area terkontaminasi di Chernobyl selama 24 ribu tahun mendatang. (AFP/I-1; Bahan dari : http://www.koran-jakarta.com/ukraina-jadikan-chernobyl-sebagai-ladang-panel-surya/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close