RSS Feed     Twitter     Facebook

Lima Pulau berpenghuni paling terpencil di dunia(3/3)

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 2 views    Font size:
Lima Pulau berpenghuni paling terpencil di dunia(3/3)

(internasional.kompas.com)-4-Pulau Paskah

Pulau Paskah (bahasa setempat disebut Rapa Nui), mungkin dikenal dunia karena patung2 raksasa yang diciptakan penduduk awal pulau itu.

 

Keunikan patung2 kuno itu akhirnya membuat UNESCO pada 1995 menetapkan Pulau Paskah sebagai salah satu situs warisan dunia. Diyakini pulau ini sudah dihuni sejak 1200 tahun lalu. Mereka inilah yang kemudian menciptakan patung2 batu yang disebut moai. Namun, pembukaan hutan dan masuknya tikus Polinesia membuat hutan di pulau ini perlahan-lahan habis.

 

Pada saat orang Eropa tiba (172), penduduk pulau ini diperkirakan 2.000-3.000 orang. Namun, penyakit Eropa, perbudakan, dan emigrasi ke pulau lain membuat pada 1877 penduduk pulau ini hanya tersisa 111 orang.

 

Pulau ini amat terpencil.

Tetangga terdekat adalah Pulau Pitcairn sejauh 2.075 km jauhnya. Kota terdekat berpenduduk di atas 500 orang adalah Rikitea di Pulau Mangareva yang berjarak 2,606 kilometer. Sedangkan, daratan besar terdekat adalah Chile yaitu sejauh 3.512 km.

 

5-Pulau Pitcairn

Pulau termasuk dalam guguan pulau bersama Pulau Henderson, Ducie, atau Oeno. Pulau terpencil ini merupakan wilayah seberang lautan Inggris di Pasifik Selatan. Tetangga terdekat Pitcairn ini adalah Pulau Paskah sejauh 2.075 kilometer dan Selandia Baru yang “agak lebih jauh” yaitu 5.400 km.

 

Orang Eropa yang pertama datang ke pulau ini adalah 9 pelaut yang berontak dari kapal HMS Bounty pada 1790. Mereka bersama dengan 6 pria, 11 perempuan, dan seorang bayi perempuan yang semuanya berasal dari Tahiti tinggal di pulau itu.

 

Penduduk kepulauan itu seluruhnya 50 orang yang menggantungkan hidup dari pertanian, memproduksi madu, dan sedikit pemasukan dari pariwisata. Pulau ini tak memiliki bandara atau pelabuhan besar karena pesisirnya penuh karang, sehingga warga menggunakan perahu untuk mengambil barang yang diantar kapal barang di lepas pantai.

 

Jika ingin berkunjung ke pulau ini maka seseorang bisa menumpang kapal kargo yang disewa pemerintah pulau Pitcairn.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Mengintip 5 Pulau Berpenghuni yang Paling Terpencil di Dunia”, Penulis / Editor : Ervan Hardoko; Bahan dari : https://internasional.kompas.com/read/2018/10/26/18485631/mengintip-5-pulau-berpenghuni-yang-paling-terpencil-di-dunia)-FatchurR * Tamat…………..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code