RSS Feed     Twitter     Facebook

Menjaga Otak tetap tajam di Masa Tua

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 3 views    Font size:
Menjaga Otak tetap tajam di Masa  Tua

(jpnn.com)-Otak berperan penting di kehidupan hingga kesehatan. Sebab otak itu pusat dari segala macam sistem tubuh, termasuk untuk berpikir dan mengingat. Ketika usia tua, sama seperti bagian tubuh lain sel2 otak mengalami penuaan dan penurunan fungsi kognitif yang bisa terjadi bertahap.

 

Ini proses alami, namun tak berarti Anda biarkan begitu saja saat otak mengalami penuaan. Ini  cara2 sederhana yang bisa diterapkan untuk menjaga ketajaman otak, dilansir laman Prevention (22/10).

 

1-Berjalan, menari, bermain, bergerak

Kegiatan ini membersihkan otak Anda dari fragmen protein amyloid, yang diyakini menumpuk di otak orang2 Alzheimer. Tidak ada obat yang tersedia yang bisa menurunkan amiloid. Satu2nya  yang bisa mengatasinya adalah latihan. Kajian besar dari studi menemukan orang yang aktif memiliki risiko 35% lebih rendah dari penurunan kognitif dari yang tidak aktif

 

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Neurology : Orang yang lebih bugar kemampuan otaknya lebih kuat 25 tahun kemudian daripada tipe kurang fit. Berjalan, menari di dapur, bermain atau berdiri ketika Anda memeriksa feed media sosial Anda. Mengurangi kecepatan latihan hari ini bisa membantu Anda bergerak lagi besok. Penelitian (dipublikasikan di Journal of Sport & Exercise Psychology) menemukan :

 

Orang2 yang mengakhiri latihan mereka pada kecepatan yang lebih lambat mulai berpikir sesi mereka lebih menyenangkan daripada mereka yang meningkatkan intensitas saat berjalan (meski kedua kelompok melakukan hal sama. jumlah pekerjaan). Lebih penting, mereka tak takut sesi bergerak berikutnya dan bahkan berpikir itu membuatnya merasa baik.

 

2-Tantang pikiran Anda

Salah satu cara paling teliti menurunkan risiko demensia itu dengan menantang otak Anda sehingga jadi lebih fleksibel.  Itu tidak berarti menyelesaikan teka-teki silang, itu berarti melakukan hal-hal baru untuk terus bekerja di berbagai bagian otak Anda guna membangun hubungan di antara mereka.

 

Mengapa penting? Dua sistem jalan raya, yang salah satunya berakhir ketika menabrak blokiran yang lain memilih semua jalan memutar, mundur kembali. Ketika Anda berebut mengingat nama, dan pikiran Anda mengenai ‘penghalang’ dari sel saraf yang tak berfungsi, Anda tak mendapat apa-apa.  Jika ada jalan memutar tersedia, otak Anda akan mencoba sampai menemukan nama yang Anda cari.

 

Bangun “jalan memutar” dengan memikirkan hal2 dengan cara yang baru atau lebih dalam.  Berbicara tentang karakter kunci sebuah novel dengan klub buku Anda dan mengajar diri Anda memasak sesuatu yang berbeda karena mereka butuh penalaran dan perhatian.  Tulis daftar berhenti bekerja dan luangkan waktu untuk berhenti sejenak

 

Sangat sulit menyalakan otak Anda dengan hal2 baru ketika Anda hanya mencoba melewati rutinitas ter-buru2 harian yang sama. Jadikan prioritas untuk mencoba berbagai kegiatan. Dan ironisnya, cara terbaik untuk berpikir lebih mendalam adalah meluangkan waktu untuk tidak berpikir sama sekali.

 

3-Dapatkan tidur yang Anda butuhkan

Ubah tidur sebagai prioritas dan harus dilakukan, bukan sebagai kelemahan. Untuk membantu diri Anda tidur, perhatikan apa yang oleh para ahli disebut kebersihan tidur dengan kata lain, bersihkan kamar tidur Anda untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

 

Dan matikan layar digital setidaknya setengah jam hingga satu jam sebelum tidur, karena cahaya biru yang dipancarkan membuat Anda memproduksi melatonin, hormon tidur yang naik di tubuh Anda di malam hari. Berikan prioritas yang semestinya dengan memberi ruang untuk itu dalam jadwal Anda.

 

Agar Anda tidak mendorongnya lagi 30 menit, lalu selama satu jam, lalu hingga beberapa email yang harus Anda jawab selesai, setel alarm memperingatkan Anda bahwa memiliki waktu 30-60 menit untuk check out of go-go-go mode sebelum tidur.

 

Idealnya, cobalah untuk memeriksa semua pekerjaan pada hari berikutnya sebelum alarm berbunyi. (fny; jppn; Bahan dari : https://www.jpnn.com/news/kiat-menjaga-agar-otak-tetap-tajam-di-masa-tua)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code