Kesehatan

Untuk pecinta Kopi-Tips menjaga Kesehatan Tulang

(health.detik.com)-JAKARTA; Bagi masyarakat urban, kopi adalah minuman wajib yang dikonsumsi tiap hari. Tubuh serasa tidak berfungsi maksimal tanpa secangkir kopi di sela aktivitas harian. Namun konsumsi kopi berlebih berisiko menganggu penyerapan kalsium yang menyebabkan tulang lebih rapuh.

Dokter ahli bedah saraf Wawan Mulyawan menyarankan tidak terlalu banyak mengonsumsi kopi. Konsumsi kopi setiap hari sebaiknya tidak lebih dari tiga single shot espresso. Satu shot setara 30 mililiter dengan kandungan kafein 120 hingga 170 miligram.

“Asal tidak berlebihan sebetulnya konsumsi kopi tidak menyebabkan tulang mudah keropos. Selain tidak terlalu banyak minum kopi, jangan lupa menerapkan pola hidup sehat untuk mencegah osteoporosis,” kata dokter ahli bedah saraf dari RSU Bunda Jakarta Wawan Mulyawan.

Osteoporosis adalah gangguan degeneratif pada tulang yang terjadi akibat penuaan. Proses ini bisa dicegah dengan tidak merokok, OR, mengonsumsi cukup sayur dan buah setiap hari. Asupan bernutrisi lengkap dan seimbang mencukupi kebutuhan kalsium setiap hari.

Terkait jenis OR pencegah osteoporosis sebaiknya dipilih yang bersifat weight-bearing. OR ini memberi beban pada tulang dan melatih kekuatan otot. Jenis OR ini adalah tenis, naik tangga, jogging, dan jalan kaki. (Roosmha Widiyani; up; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4285218/buat-pecinta-kopi-berikut-tips-menjaga-kesehatan-tulang)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close