Kesehatan

Mengatasi Uban yang tumbuh Dini

(1health.id)-Uban proses alami yang terjadi pada rambut tiap orang. Uban muncul saat seseorang berusia matang. Umumnya, orang Asia mulai tumbuh uban di usia 30-an akhir. Namun ada sebagian orang yang beruban saat masih berusia muda, bahkan di awal usia 20-an.

 

Kebanyakan dari yang mengalami juga tidak tahu mengapa hal itu terjadi. Beruban di usia muda bukan berarti Anda bermasalah kesehatan. Rambut jadi uban saat sel yang memproduksi warna berhenti memproduksi pigmen yang disebut dengan melanin. Banyak yang menganggap munculnya uban erat kaitannya dengan stres.

 

Namun hingga kini belum ada yang membuktikan dapat menyebabkan munculnya uban lebih cepat. Penyebab timbulnya uban dini bisa diakibatkan faktor genetik, kekurangan vitamin B12, merokok dan perawatan rambut yang salah. Berikut cara2 yang digunakan untuk mengatasi tumbuh uban.

 

Pertama; Bila penyebab uban di rambut Anda karena faktor genetik, cobalah untuk membuat rambut Anda menjadi lebih modis. Misalnya, dengan memotong rambut Anda dengan model terbaru dan menjaganya sebaik mungkin agar rambut tetap nampak berkilau meski sudah berubah menjadi putih.

 

Kedua; Rawatlah rambut Anda dengan lebih baik. Kurangi penggunaan bahan kimia dan alat perawatan lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan rambut Anda dan berkurangnya pigmen.

 

Ketiga: Perbaiki gaya hidup Anda. Terapkan pola makan seimbang dan konsumsilah makanan penghasil vitamin B12 seperti susu, telur, ikan, dan daging. Anda juga sebaiknya menghentikan kebiasaan merokok Anda. Bukan hanya dapat menyebabkan rambut beruban, radikal bebas dalam rokok juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya.

 

Perawatan rambut tepat dan gaya hidup sehat, maka tak perlu khawatir uban. Penampilan seseorang bukan hanya berdasarkan ada atau tidaknya uban. Rambut beruban tetap terlihat menarik bila diatasi dengan benar. Teruslah terapkan gaya hidup sehat agar Anda makin bugar dan sedap dipandang. (Article By Mahmur Marganti; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/cara-mengatasi-uban-yang-tumbuh-secara-dini-.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close