Kesehatan

Menciptakan Tidur berkualitas

(beritasatu.com)-JAKARTA; Padatnya aktivitas sepanjang hari tentu mengakibatkan tubuh jadi lelah dan perlu istirahat yang cukup.

 

Seperti diketahui, tidur malam hari perlu 7-8 jam dalam sehari, untuk memberiwaktu bagi tubuh dalam beristirahat dan memperbaiki sistem sel dalam tubuh. Karenanya, usahakan selalu menjaga kualitas tidur dengan tidak membiarkan otak menjadi terlelap dalam keadaan lelah dan dipenuhi stres.

 

Sebelum tidur, ada baiknya membereskan segala macam benda dan pernak-pernik yang mengganggu kenyamanan tidur semisal laptop, smartphone ataupun buku dan majalah.

 

Jadikan selalu tempat tidur sebagai zona istirahat yang nyaman dengan tidak membiasakan diri untuk melakukan aktivitas lain, yang dapat mengganggu waktu beristirahat. Jika memiliki perangkat televisi dalam kamar, jangan lupa untuk mematikannya saat akan tidur.

 

Selain itu, matikan semua lampu dan sumber cahaya lainnya, agar tubuh mampu menghasilkan hormon melatonin dengan baik bagi pertahanan tubuh dan menjaga sel dari kerusakan.

 

Terakhir, usahakan untuk tidak terlalu banyak minum air putih sebelum tidur, karena dapat menyebabkan Anda terbangun untuk buang air kecil, yang tentunya mengganggu aktivitas tidur di malam hari. (Indah Handayani/FER; Bahan : https://www.beritasatu.com/tips/536184-tips-menciptakan-tidur-yang-berkualitas.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close