RSS Feed     Twitter     Facebook

Ini Penyebab Panu Bisa Tumbuh Pada Tiap Orang

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 4 views    Font size:
Ini Penyebab Panu Bisa Tumbuh Pada Tiap Orang

(1health.id)- Tinggal di daerah tropis seperti Indonesia membuat tubuh sering mengeluarkan keringat. Keringat yang menempel di baju bisa membuat kondisi tubuh lembap dan rawan tempat tumbuhnya jamur di kulit.

 

Ketika Anda berdiri di depan cermin, cobalah perhatikan, apa ada bintik2 putih di badan Anda? Jika ya, mungkin saja Anda memiliki panu.

 

Panu/pitiriasis versikolor itu infeksi jamur kulit yang disebabkan jenis ragi yang alami hidup di kulit Anda. Ketika ragi tumbuh di luar kendali, maka hasilnya penyakit kulit berupa ruam. Karena ragi tumbuh  alami pada kulit, maka panu tidak menular dari satu orang kepada orang lain.? Infeksi ragi ini dapat terjadi karena beberapa alasan berikut, di antaranya:

 

  • Anda memiliki kulit berminyak.
  • Anda tinggal di iklim panas.
  • Anda berkeringat terlalu banyak.
  • Anda memiliki sistem kekebalan tubuh lemah.

 

Infeksi panu akan membuat munculnya beberapa bintik (patch) pada tubuh. Asam yang dihasilkan oleh ragi membuat terbentuknya bintik pada kulit yang mungkin berwarna putih, merah muda, merah atau coklat yang lebih terang atau gelap dari bagian kulit di sekitarnya. Bintik panu dapat terjadi di mana saja, tetapi paling sering terlihat pada bagian leher, dada, punggung dan lengan.

 

Pada kondisi dingin, kemungkinan bintik panu akan hilang, tetapi selama cuaca hangat dan lembap, bintik panu kemungkinan akan kering dan bersisik serta menyebabkan rasa gatal ataupun sakit, meskipun hal ini tidak selalu terjadi.

 

Untuk mendiagnosa panu biasanya dokter akan mendeteksinya dengan menggunakan sinar ultraviolet. Kemungkinan dokter juga akan mengambil sampel dengan mengambil beberapa sampel kulit pada daerah yang terkena panu.

 

Pengobatan untuk masalah ini biasanya diatasi dengan penggunaan krim, lotion atau shampo yang dioleskan pada permukaan kulit, dan terkadang juga membutuhkan obat oral. Jenis pengobatan akan tergantung pada ukuran, lokasi, dan ketebalan daerah yang terinfeksi.

(Article By Mahmur Marganti; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/panu-bisa-tumbuh-pada-setiap-orang,-ini-penyebabnya-.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code