Info Daerah n Opini

Banjarmasin juga Memperingati HUT P2Tel ke-39-Tgl 24-11-19

Tidak mau ketinggalan; Pengurus P2Tel Cabang Banjarmasin mengadakan HUT ke 39 P2tel setelah senam pada hari Minggu tanggal 24  Nopember 2019.

 

Pada acara peringatan tersebut urutan kegiatannya sebagai berikut :

1-Sambutan Ketua P2Tel Bjm

2-Ceramah/Tausyah agama pentingnya silaturrahim

3-Pemotongan tumpeng

 

4-Pembacaan Doa oleh Ustad Rahimi Iqra,Spd

5-Makan Nasi bersama

6-Acara selesai

 

Marilah kita ikuti Tiga manfaat dari Silaturahmi, dari suatu sumber ini, monggo :

(ntb.kemenag.go.id)-Menjalin hubungan baik sesama manusia itu tanda ketakwaan hamba kepada Tuhan. Allah menjanjikan keberkahan hidup bagi hamba-Nya yang menjaga tali silaturahmi dengan sesama, khususnya dengan orang tua dan kerabat.

 

Keberkahan hidup yang dilimpahkanNya tak hanya dalam hal rezeki, juga keberkahan usia dan hubungan baik penuh kasih dengan kerabat dan anggota keluarga. Di samping itu, banyak hikmah dan manfaat dari Silaturahmi yang dapat kita petik. Untuk jelasnya, mari kita simak ulasan berikut.

 

1-Silaturahmi mampu mendekatkan diiri kepada Allah SWT

Menyambung tali silaturahmi itu bentuk kecintaan dan ketakwaan hamba. Hal itut dibuktikan dengan sabda Rasul:  Aku adalah Ar-Rahman. Aku ciptakan rahim dan Aku mengambilnya dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya, niscaya Aku jaga hak-Nya. Dan siapa yang memutusnya, niscaya Aku akan memutus darinya.” (Hadis Riwayat Ahmad).

 

Dari hadis itu jelas Allah Swt. memerintahkan tiap hamba-Nya agar menjaga keutuhan antar sesamanya. Allah juga menjanjikan pahala bagi yang mampu menjaganya dan Dia juga tidak segan memberikan peringatan bagi mereka yang memutus keutuhan tali silaturahmi.

 

Silaturahmi sebagai tanda keimanan juga diungkapkan melalui sabda Rasul : “Siapa yang beriman kepadaNya dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya. Dan siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaklah ia menyambung hubungan silaturahmi.” (Hadis Riwayat Abu Hurairah)

 

2-Silaturahmi mampu memperluas rejeki seseorang

Silaturahmi mempermudah membantu kerabat atau anggota keluarga jika mereka butuh bantuan. Membantu keluarga yang kesulitan itu sedekah. Allah Swt. menjanjikan kemudahan dan pahala bagi yang memelihara silaturahmi dan memudahkan urusan saudaranya. Janji ini tertuang dalam sabda diriwayatkan Abu Hurairah:

 

“Siapa yang suka dilapangkan rezekinya  dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahmi.” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim).

 

Tiap muslim yang membantu keluarganya akan mendapat pahala sedekah, dan Allah melimpahkan pahala silaturahmi kepadanya. Bersedekah pada anggota keluarga lebih diutamakan dibanding bersedekah untuk fakir miskin. Sabda Rasulullah: “Sedekah terhadap orang miskin itu sedekah dan pada keluarga sendiri mendapat dua pahala: sedekah dan silaturahmi.” (Hadis Riwayat Tirmidzi)

 

3-Silaturahmi dapat menjadi kunci masuk surga

Allah Swt. menjanjikan pahala dan keberkahan bagi tiap hamba-Nya yang menjaga tali silaturahmi. Janji Allah salah satunya mendekatkan surga kepada hamba-Nya yang bersilaturahmi dengan sesamanya, sebagaimana tertuang dalam hadis berikut:

 

“Engkau menyembah Allah dan tak menyekutukan sesuatu dengan-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, dan menyambung tali silaturahmi.” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim)

 

Balasan bagi yang mampu menunaikan kewajibannya sebagai seorang hamba adalah ia didekatkan kepada surga dan dijauhkan dari panasnya api neraka.

 

Silaturahmi tidak hanya memberi keberkahan dan kebahagiaan bagi pelakunya. Kerabat dan keluarga yang dikunjungi juga rasa bahagia ketika keluarganya peduli dan pegang teguh persaudaraan. Kita muslim wajib menjalankan perintahNya untuk menjaga silaturahmi. Manfaat Silaturahmi juga menambah amal baik dan pahala, juga meringankan beban anggota keluarga dengan bersedekah.

 

(Kiriman Murniansyah; PC Banjarmasin; sumber dari : Miq Olah; https://ntb.kemenag.go.id/baca/1506343020/3-manfaat-silaturahmi-yang-wajib-diketahui-setiap-muslim)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close