Iptek dan Lingk. Hidup

Netflix Akhirnya Masuk Indonesia. Itu Apa

(tekno.kompas.com)-Kehadiran Netflix Indonesia tak ubahnya berkah bagi pencinta film. Apa itu Netflix ? Netflix adalah layanan yang memungkinkan pengguna nonton tayangan kesukaan di mana pun, kapan pun, bias lewat medium apa pun (smartphone, smartTV, tablet, PC, dan laptop).

 

Netflix ibarat toko penyewaan DVD, tapi menawarkan film digital di dunia maya. Juga bisa disamakan dengan layanan video berbayar di YouTube. Mirip langganan TV berbayar (cable tv), Netflix bersih dari iklan, penonton tak perlu menunggu jadwal penayangan serial TV, dan bisa menentukan sendiri konten yang ingin dinikmati.

 

Itu dibayar harga berlangganan relatif murah. Mulai Rp 109.000, Anda bisa mengakses koleksi film dan serial TV yang terhimpun di perpustakaan Netflix. Syaratnya, pengguna harus punya jaringan internet mumpuni dan sebaiknya kuota tak terbatas. Sebab, Netflix mengusung mekanisme streaming. Lalu apa bedanya Netflix dengan layanan streaming serupa seperti Google Play Movies, iFlix, dan HOOQ?

 

Pertama, Netflix itu pelopor layanan sewa film online. Didirikan 1997, Netflix mengakomodasi arsip film paling lengkap dengan wilayah pengoperasian terbanyak. Seiring tingginya penetrasi internet, layanan serupa bermunculan dengan beberapa modifikasi dan signifikansi pasar. Misalnya Google Play Movies yang khusus menyasar pengguna Android dan Chrome.

 

Mekanismenya pay-per-view atau bayar tiap menonton satu film. Dan Netflix itu layanan on-demand atau bayar langganan secara bulanan tanpa batasan film yang ditonton. iFlix dan HOOQ lebih mirip dengan Netflix. Bedanya, HOOQ fokus pada pasar lokal Filipina. Sementara iFlix lebih luas dengan jangkauan di Filipina dan Malaysia.

 

Netflix tersedia di 190 negara, termasuk Indonesia. Hingga akhir-2019, layanan yang didirikan Marc Randolph and Reed Hastings ini menargetkan 200 negara bisa menjajal Netflix. Untuk pasar Indonesia, ada tiga jenis layanan Netflix yang bisa dinikmati. Layanan itu adalah Basic, Standard, dan Premium.

 

Perbedaan antara tiap paket terletak pada resolusi gambar film dan jumlah perangkat yang bisa digunakan lewat sebuah akun Netflix secara bersamaan. Untuk mendaftar akun Netflix, pengguna harus memasukkan informasi kartu kredit.

 

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Akhirnya Masuk Indonesia, Netflix Itu Apa?”, Penulis : Fatimah Kartini Bohang; EditorReza Wahyudi; Bahan dari : https://tekno.kompas.com/read/2016/01/07/13085347/Akhirnya.Masuk.Indonesia.Netflix.Itu.Apa)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
  • Jeruk

Back to top button
Close
Close