YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Senam Rutin Reboan KJS BLA Tegallega Bandung Selatan 05-02-20

KJS BLA (Klub Jantung Sehat-Bandung Lautan Api) Tegallega P2TEL Cabang Bandung Selatan seperti biasa melaksanakan Senam rutin pada hari Rabu tgl.5-Februari-2020.

 

Senam awal di bulan Februari ini dihadiri oleh 67 orang terdiri dari 24 orang pensiunan 32 orang keluarga dan 11 orang dari masyarakat umum. Sesuai jadwal hari ini senam tersebut berseragam KJS BLA atas putih bawah merah.

 

Para peserta yang telah hadir sebelum senam di ukur tensi, BB (berat badan), TB (tinggi badan), Lingkar pinggang dan lain lain oleh petugas KBS (Kader Bina Sehat) ibu Hj. A. Widianingsih, pak Iyos dan dibantu pak Syarif. Alhamdulillah pak Syarif juga membantu menyediakan alat timbang badan. Pada hari itu berhasil di ukur 33 orang.

 

Sebelum dimulai Senam sebagaimana biasa berdoa lebih dahulu dipimpin oleh pak Agus. Untuk senam hari ini dipimpin oleh  Bu Hj. Lili meliputi  Senam Refleksi, Senam Persendian, Senam Taici, Senam Pernapasan, dan juga Senam Maumere.

 

Selesai senam dilanjutkan tradisi mijit memijit sangat menyenangkan. Terimakasih kami ucapkan kepada YAKESTEL semoga kita semua sehat2 selalu sehat tanpa obat dan tetap semangat. Aamiin.

 

Untuk memotivasi bagi pensiunan dalam rangka menggapai sehat, berikut disajikan  “Mulai aktif jika sebelumnya Anda tidak pernah ber-OR” dari sumber berikut :

 

(hellosehat.com)- Anda jarang atau tidak pernah ber-OR sebelumnya mungkin bingung memulainya dari mana. Namun yang jadi alasan Anda untuk mulai hidup lebih aktif, jangan langsung ber-OR berat atau yang berintensitas tinggi, seperti angkat beban contohnya. Ingat pepatah yang berbunyi, “sediki-sedikit lama-lama jadi bukit”,. Nah begini panduan memulai OR yang baik.

 

Bangun motivasi Anda lebih dulu

Anda harus punya komitmen dulu untuk menetapkan tujuan OR yang akan dimulai. Pasalnya, penelitian mengatakan kalau motivasi OR yang digabung dengan rencana aktivitas nyata lebih berhasil diwujudkan.

 

Contoh menuliskan aktivitas yang Anda rencanakan 4 minggu ke depan. Mulai dari kegiatan fisik yang akan dilakukan, berapa lama, dan kapan Anda selesai melakukannya. Rencana aktivitas ini menjelaskan apa yang seharusnya Anda lakukan dan membiarkan Anda melihat dan menganalisis sejauh mana kemajuan Anda setelah memulai OR.

 

Bagaimana mulai ber-OR

Kesulitan atau tidak tahu mulainya, konsultasikan ke dokter Poliklinik atau di Preventive Center Yakes mengenai rencana Anda untuk ber-OR. Setelah itu, masukkan lebih banyak aktivitas dalam kehidupan sehari-hari Anda. Misalnya seperti contoh sederhana berikut ini:

 

  • Saat ke/di kantor, cobalah pilih naik tangga dibanding naik lift atau eskalator.
  • Jika naik kendaraan umum, berhentilah di halte atau terminal yang agak jauh dari kantor. Tempuh jarak sisanya dengan jalan kaki santai.
  • Luangkan waktu jalan-jalan atau naik turun tangga sebelum dan sesudah makan siang.
  • Saat libur, daripada nonton TV seharian, beraktivitaslah, misal : Jalan-jalan di taman, berenang, atau jogging di pagi hari.

 

Kadang perubahan kecil di rutinitas harian bisa membantu Anda jadi lebih aktif ber-OR. Alih-alih ke gym atau treadmill, coba jalan santai/jogging di sekitar Anda tinggal lebih dulu. Lambat laun tubuh akan menyesuaikan diri dengan aktivitas Anda. Setelahnya, bebas mau ber-OR di manapun

 

Berapa lama normalnya Anda berolah raga?

Rekomendasi WHO, Anda disarankan ber-olah fisik sedang 150 menit/minggu. Tapi jika ingin OR berat, cukup 75 menit. Selama ber-OR, jangan  paksakan ber-OR terus menerus. Bagilah beberapa sesi dalam se hari. American Heart Association (AHA) menyarankan :

 

  • OR sedang 150 menit/minggu, Atau 30 menit/hari. Bisa bersepeda atau jalan cepat keliling lingkungan rumah.
  • OR berat, cukup 25 menit/hari. Misalnya angkat beban, muaythai, atau sepak bola atau futsal.

 

Fokus satu jenis OR dulu

Fokus pada satu jenis atau satu macam gerakan yang Anda inginkan dan jangan berkecil hati dengan target yang belum bisa Anda capai.

 

Seiring kebugaran tubuh meningkat, Anda bisa lakukan OR yang sebelumnya gak bisa Anda lakukan. Setelahnya Anda bisa memvariasikan macam-macam jenis dan gerakan berbeda untuk meraih manfaat lebih banyak dan sekaligus terhindar dari jenuh. Anda bisa tambahkan latihan kekuatan dan kelenturan.

Lakukan latihan kekuatan dan kelenturan 2-3 hari/minggu di samping OR utama yang Anda lakukan.

 

Ajak teman/keluarga untuk ber-OR atau bergabung Klub Senam binaan Yakes di Cabang P2Tel

Kadang, ber-OR sendirian itu bikin suntuk dan lama-lama bikin tidak bersemangat. Maka, ajaklah teman atau anggota keluarga sama-sama ber-OR. Adanya teman ber-OR Anda lebih semangat dan mungkin memicu sifat kompetitif dalam diri agar jangan sampai kalah dengan mereka.

 

Hal yang dilakukan sebelum dan sesudah ber-OR

1-Lakukan Pemanasan dan pendinginan

2-Jangan terlalu lama pakai baju OR

3-Minum air yang cukup

4-Makan makanan sehat

 

Pilih menu makanan kaya protein seperti daging ayam, telur, bubur gandum, daging ikan, yogurt, susu, dan keju. Semua rencana OR tergantung niat. Ingatlah menjalani gaya hidup sehat seperti ber-OR itu kebiasaan, bukan satu hal instan yang akan Anda dapatkan langsung manfaatnya. Pertahankan gaya hidup aktif dan makan makanan yang sehat guna mencapai tujuan Anda.

 

(Data dan foto kiriman dari : H. Djuhana; Bahan dari : Novita Yoseph; https://hellosehat.com/hidup-sehat/kebugaran/cara-untuk-memulai-olahraga/)-Editor : FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close