Iptek dan Lingk. Hidup

Hoaks Baru Corona Termasuk Tisu adi Pengganti Masker(2/4)

(cnnindonesia.com)- 4-Viral Foto Bapak Borong Mie Instan karena Virus Corona

Viral unggahan foto di medsos yang memperlihatkan seorang bapak memborong mie instan di pusat perbelanjaan. Dalam narasi yang beredar disebutkan sang bapak beli mie instan, akibat virus corona.

Sontak, perempuan bernama Laura menegaskan lewat akun Twitter-nya ia anak dari bapak yang ada di dalam foto tersebut. Laura mengatakan ayahnya memborong mie instan dalam jumlah banyak karena sang ayah memiliki usaha grosir.

5-Terkena Virus Corona, Warga Bekasi Meninggal di Cianjur

Beredar unggahan di media sosial terkait adanya warga Bekasi yang meninggal dunia di Cianjur karena terjangkit virus corona.

Faktanya, Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes Achmad Yurianto mengumumkan bahwa pasien suspek corona yang meninggal di Rumah Sakit dr Hafidz Cianjur tersebut negatif virus corona.

6-Maria, Dosen Seni Tari UNJ yang Terkena Virus Corona

Beredar pesan berantai melalui WA yang menyebutkan seorang dosen Seni Tari Universitas Negeri Jakarta bernama Maria, diduga terjangkit virus corona.

Sontak, Dekan Fakultas Bahasa dan Seni UNJ Liliana Muliastuti langsung memberikan klarifikasi terkait informasi tersebut. Liliana menyatakan bahwa di lembaganya tidak ada nama dosen bernama Maria.

7- Biaya Tes dan Pengobatan Corona Berbayar karena Tidak Ditutup BPJS

Ada informasi yang beredar di media sosial yang menyebutkan di Indonesia biaya tes dan pengobatan virus corona berbayar, karena tidak dijamin BPJS.

Faktanya, Menkes Terawan Agus Putranto telah memastikan bahwa biaya perawatan medis bagi pasien corona, ditangguh sepenuhnya dari anggaran Kemenkes.

Hal ini telah ditetapkan pada 04 /02/2020 dalam Keputusan Menkes No. HK.01.07/MENKES/104/2020 tentang penetapan infeksi virus corona.

 

8-Warga Pasirjaya, Karawang Terindikasi Corona Sepulang dari Singapura

Beredar info di medsos terkait salah satu warga Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang yang terindikasi virus corona sepulang dari Singapura dan dalam penanganan pihak Graha Medis Cilamaya.

Faktanya, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Karawang, Yayuk Sri Rahayu memastikan bahwa info tersebut hoaks alias kabar bohong.

Pasien warga Pasirjaya itu sempat berkonsultasi ke Dinkes Karawang. Namun semenjak pemeriksaan di klinik, pasien tidak menunjukan indikasi terjangkit virus corona.

9-Seorang Pria Memaksa Menerobos Blokade Polisi China Setelah Terdeteksi Virus Corona

Telah tersebar sebuah video di media sosial yang memperlihatkan seorang pria yang memaksa menerobos blokade polisi China setelah terdeteksi virus corona.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, dalam video itu bukan kejadian yang sesungguhnya. Video itu merupakan latihan polisi di gerbang tol di Provinsi Henan, China selama epidemi virus corona.

 

(eks/eks; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200304132359-185-480422/hoaks-baru-corona-termasuk-tisu-basah-jadi-pengganti-masker)-FatchurR * Bersambung……

*** Marilah kita bijak dan waspada, menerima berita, hati hati jika ingin meneruskan berita (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close