Psikologi

Tujuh Cara atasi Stres karena Corona

Banyak cara engatasi stres akibat pandemi corona temasuk membatasi kekhawatiran.   Sejak  muncul di China (Desember 2019), virus corona ini mewabah di 193 negara.

 

Mengutip situs thewuhanvirus.com,  hingga Kamis (26/3/2020) pukul 14.15 WIB, ada 469.034 orang terinfeksi di 201 negara. Sebanyak 114.218 orang sembuh dan 21.200 orang meninggal dunia.

Sementara di Indonesia, di waktu yang sama, terdapat 790 orang positif corona. 31 orang dinyatakan sembuh dan 58 orang meninggal dunia. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat. Di tengah pandemi ini, tak sedikit masyarakat yang mengalami stres akibat khawatir terhadap virus tersebut.

 

Rasa sedih, stres, bingung, takut atau marah selama krisis ini perasaan yang normal dialami. Namun, perasaan itu tak seharusnya membuat seseorang terpuruk. Dikutip Tribunnews dari informasi yang diberikan WHO di laman resminya, berikut cara mengatasi stres selama pandemi virus corona:

 

1-Berkomunikasi

Berbicara dengan orang terpercaya dapat membantu mengurangi stres. Cobalah untuk menghubungi keluarga atau teman. Komunikasi ini tentunya bisa kamu jalin melalui telepon atau email. Hal ini untuk membantu program social distancing demi menekan angka penyebaran virus corona.

 

2-Biasakan gaya hidup sehat

Jika Anda harus tinggal di rumah, biasakan pola gaya hidup sehat. Termasuk diet yang tepat, olahraga, tidur, dan kontak sosial dengan orang tercinta.

 

3-Hindari rokok dan alkohol

Selama masa pandemi, Anda harus menghindari konsumsi rokok dan alkohol. Tak hanya itu, Anda juga harus menghindari mengonsumsi obat-obatan untuk mengurangi stres yang dirasakan.

 

4-Bicara dengan psikolog atau petugas kesehatan

Jika Anda kewalahan, cobalah berbicara dengan petugas kesehatan atau konselor. Buat rencana, ke mana harus pergi dan bagaimana mencari bantuan kebutuhan kesehatan fisik dan mental jika perlu.

 

5-Mencari fakta

Cobalah kumpulkan info akurat yang membantu Anda menentukan risiko sehingga Anda dapat ambil tindakan pencegahan. Temukan sumber kredibel, misal situs web WHO, Dinkes, atau pemda. Di tengah pandemi ini, banyak info hoaks muncul. Selalu pilah informasi sebelum membagikan kembali.

 

6-Batasi kekhawatiran

Cara lain, batasi kekhawatiran. Kurangi menonton atau mendengar  info yang menjengkelkan.

 

7-Mengasah keterampilan

Anda juga bisa mengasah keterampilan untuk mengurangi stres. Menggambar keterampilan yang pernah dibuat di masa lalu membantu Anda untuk mengelola kesulitan dan emosi selama waktu ini.

 

(Artikel ini telah tayang di tribunmanado.ccco.id dengan judul UPDATE Data WHO 26/3/2020, Sudah 400 Ribu Lebih Orang Terinfeksi Corona, 18.589 Meninggal, https://manado.tribunnews.com/2020/03/26/update-data-who-2632020-sudah-400-ribu-lebih-orang-terinfeksi-corona-18589-meninggal; Editor: Rhendi Umar )-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close