Islam

Masjid Yang Ada Di Ujung Selatan Bumi

(travel.detik.com)-INVERCARGILL; Mungkin banyak yang penasaran dengan keberadaan masjid satu ini, Southland Muslim Association. Inilah masjid paling selatan di dunia.

Southland Muslim Association tak hanya masjid, tapi juga komunitas di Kota Invercargill, Selandia Baru. Beralamat di 31 FairView Avenue, Invercargill, 9810, Southland Muslim Association diklaim sebagai masjid yang ada di ujung selatan Bumi

Kota ini berada di bagian paling selatan dari South Island dan dekat dengan Lingkar Antartika. Dari Kota Wellington, butuh waktu dua jam penerbangan dengan pesawat  ke sana. Kota Invercargill dihuni sekitar 50 ribu penduduk, yang rata-rata bekerja sebagai nelayan, bertani atau berkebun.

 

Agama islam masuk ke Invercargill tahun 1980-an. Mereka imigran dari Iran, Pakistan, Bangladesh, dan Malaysia yang mengadu nasib ke sana untuk bekerja. Merasa saudara di perantauan, mereka lalu membentuk komunitas dan pelan-pelan membangun Southland Muslim Association di awal tahun 2008.

Jumlah umat Muslim di Kota Invercargill, hanya kisaran ribuan orang. Tapi, itu tak membuat mereka patah arang untuk saling bersilaturahmi dan beribadah. Semakin berkembang, komunitas ini mulai rumah ibadah yang lebih besar.

 

Di akhir 2008, barulah didirikan semacam masjid yang namanya mirip komunitasnya, Southland Muslim Association. Masjid ini hanya memiliki satu lantai yang terbagi menjadi beberapa ruangan. Ada ruang perpustakaan, dapur, tempat salat pria, dan wanita yang dipisah dan tempat untuk belajar anak-anaK.

Kalau COVID-19 mereda, liburanlah ke Selandia Baru dan mampir ke Southland Muslim Association. Inilah masjid paling selatan di Bumi, dekat dengan Kutub Selatan.

 

(bnl; fem; Bonauli;  Bahan  dari : https://travel.detik.com/international-destination/d-4992194/masjid-apa-yang-ada-di-ujung-selatan-bumi)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close