Iptek dan Lingk. Hidup

Roket Milik Start Up Skotlandia Berhasil Mengudara

(autotekno.sindonews.com)-EDINBURGH; Kesuksesan SpaceX membuat roket Falcon 9 mengudara di angkasa, membangkitkan rasa percaya diri bagi perusahaan serupa lainnya. Bukan tidak mungkin mereka juga bisa membuat roket ke angkasa.

Misalnya perusahaan rintisan asal Edinburgh, Skotlandia, yang berhasil meluncurkan roket mungil miliknya. Start up bernama Skyrora itu memiliki roket yang hanya setinggi 6 kaki atau sekitar 2 meter.

 

Roket bernama Skylark Nano itu berhasil lepas landas di Fethaland di North Roe, Shetland, Skotlandia. Namun, tidak sampai luar angkasa, karena ditargetkan mengudara 20 ribu kaki atau 6,1 km dan berhasil.

Skyrora bukan baru kali ini saja meluncurkan Skylark Nano. Pada 2018 lalu, perusahaan juga telah melakukan peluncuran pertamanya. Terapi baru kali ini roket tersebut meluncur dari Shetland.

 

Shetland masih menjadi pilihan utama Skyrora dalam menerbangkan roketnya. Walaupun ada dua tempat lain yang bisa menjadi pilihan, yakni semenanjung A’Mhoine di Sutherland dan North Uist.

Mengutip Techcrunch, Rabu (17/6/20), peluncuran ini dilandasi misi mengumpulkan data meteorologi dan mengukur profil angin. Alasan dipilihnya Shetland sebagai tempat peluncuran, untuk membantu menganalisis lintasan dan pelatihan peluncuran berikut yang menentukan masa depan Skyrora.

Pasalnya, startup itu sedang mengembangkan kendaraan bermuatan kecil untuk sampai ke angkasa. Selain itu, Skyrora juga memiliki roket Skylark-L dan Skyrora XL, diperuntukan sebagai roket komersial.

Pengembangan Skylark-L sudah mencapai tahap uji api statis. Roket ini ditargetkan bisa meluncur secara komersial di landasan ruang angkasa di Inggris, pada 2022 mendatang.

 

(wbs; Fikri Kurniawan;  Bahan dari : https://autotekno.sindonews.com/read/73086/124/roket-milik-start-up-skotlandia-berhasil-mengudara-1592409969)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close