Kesehatan

Membuang obat bekas

Periksalah kotak obat, anda menemukan obat kadaluarsa? Sebaiknya tidak dibuang sembarangan, karena bisa berdampak buru, bahkan membahayakan karena ulah orang tidak bertanggungjawab. Obat kadaluarsa bisa disalah gunakan, ada yang mengisi ulang botol obat dengan obat tiruan atau palsu, ada juga yang menjual kembali obat setelah dibersihkan bungkusnya.

 

Untuk menghindarinya, agar tidak merugikan orang lain. Perhatikan :

a)        Jangan buang obat ke tempat sampah, karena obat itu bisa dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab dengan menjualnya lagi pada orang lain dan berdampak buruk bagi kesehatan orang lain.

b)        Jika Anda menyimpan mineral dan vitamin yang tidak terpakai, gunakan sebagai pupuk. Untuk obat jenis kapsul, isinya bisa dikeluarkan, kalau berbentuk tablet bisa dihancurkan terlebih dulu, baru kemudian ditaburkan ke tanaman. Untuk jenis vitamin dan mineral bentuk cair, bisa langsung menyiram ke tanaman.  Obat itu bermanfaat untuk menyuburkan tanamanan.

c)         Jika ingin aman, Anda bisa mengumpulkan seluruh obat yang tidak lagi dikonsumsi, berikan ke apotek atau rumah sakit. Disana obat kadaluarsa akan dimusnahkan dan tentunya lebih aman.

d)        Jika Anda harus membuang obat, sebaiknya Anda rusak dulu kemasan obat. Misalnya stiker di bagian botol disobek, kotak kemasan disobek. Dengan begitu tidak ada yang memanfaatkannya untuk memalsukan obat dengan mengisinya dengan obat palsu. Untuk obat jenis kapsul atau pil, pastikan bungkusnya terkelupas atau dirusak. Cara ini membuat obat tidak bisa disalahgunakan lagi.

e)        Jika punya sisa obat yang bisa digunakan atau belum kadaluarsa, Anda bisa menyumbangkan dan diserahkan pada yayasan amal yang mengadakan pengobatan gratis. Perlu diingat, kondisi obat harus masih bagus, tablet atau kapsul masih ada dalam wadahnya dan belum terbuka sedikit pun, sementara untuk obat cair, tutup botolnya belum dibuka. (http://kabarinews.com/jangan-buang-obat-kadaluarsa-sembarangan/50861)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close