Psikologi

Stop berdebat

Suatu hari Orang Inggris, Perancis, China dan orang Indonesia melihat sebuah cangkir. Orang Inggris akan berkata, ‘Itu adalah sebuah cup.’ Orang Perancis akan menjawab, ‘Bukan. Itu adalah sebuah tasse.’ Kemudian orang China berkomentar, ‘Kamu berdua salah. Itu adalah sebuah pei.’ Akhirnya orang Indonesia menertawakan mereka dan berkata ‘Bodoh sekali kalian.

 

Itu adalah cawan.’ Kemudian orang Inggris membuka kamus dan menunjukkan pada lainnya. ‘Saya dapat membuktikan kalau itu adalah sebuah cup. Kamus saya berkata demikian.’ ‘Kalau demikian kamus kamu salah.’ kata orang Perancis, ‘karena kamus saya dengan jelas menyatakan itu adalah sebuah tasse’ Orang China mengejek; ‘Kamus saya bilang itu adalah sebuah pei dan kamus saya itu ribuan tahun lebih tua dibanding kamus kamu karena itu kamus saya itu pasti benar.

 

Dan lagipula, lebih banyak orang berbahasa China dibanding bahasa lainnya, karena itu pasti itu adalah pei.’ Sementara mereka ribut dan berdebat, satu orang lagi datang dan minum dari cangkir itu dan berkata pada mereka, “Apapun namanya, cup, tasse, pei atau cawan, fungsi dari cangkir ini untuk menampung air sehingga bisa diminum. Berhentilah berdebat dan minum, berhentilah meributkan dan hilangkan dahagamu.’ (Her Hermanuhadi; bahan dari nyontek.com)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close