Psikologi

Telkomsel dan layanan informasi petani

JAKARTA – Telkomsel melakukan kerjasama engan Pandu Tani Indonesia (Patani) dalam pengembangan sistem informasi angribisnis untuk petani. Kerjasama ini diharapkan dapat menghasilkan produk sistem informasi berbasis Mobile Application dan konten telepon seluler yang berguna bagi petani.

Head of Technology and System Group Telkomsel, Ivan C, mengatakan dengan kerjasama Telkomsel dan Patani nantinya dapat dikembangkan lagi menjadi sistem distribusi kebutuhan dan produk petani berbasis teknologi informasi. “Sehingga pada akhirnya dapat menjadi sebuah early warning system demi kemajuan bersama,” ujar Ivan di Jakarta Selasa (30/4).

Sistem informasi yang dikembangkan adalah mendekatkan antara produsen dan konsumen, budidaya pertanian, iklim dan cuaca yang dibutuhkan petani untuk bercocok tanam, pengolahan hasil pertanian untuk meningkatkan value added, dan potensi daerah pertanian sebagai panduan petani disetiap daerah.

Ivan mengatakan selama petani sering mengalami masalah berkaitan dengan distribusi. Pupuk langka, harga produk anjlok adalah sebuah masalah yang selalu dihadapi petani. Dengan kerjasama Telkomsel dan Patani di bidang teknologi informasi diharapkan dapat menjadi solusi.

Kerjasama dini meliputi beberapa ruang lingkup yaitu penyusunan program kerja, proposal pengembangan produk, penelitian, pelatihan, seminar, konferensi, penyediaan tenaga ahli, dukungan kegiatan berupa sponsorship, dan sebagainya.

“Perkembangan dan penggunaan TI yang sudah semakin canggih dan meluas juga dapat digunakan sebagai sarana untuk membangkitkan kembali pertanian Indonesia serta memecahkan masalah produksi, distribusi, dan konsumsi pangan nasional,” jelasnya. (hay/E-6; http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/118466)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close