Kesehatan

Makan di resto Organik

Dulu restoran berbahan dasar makanan organik sulit ditemukan. Jika ada orang Indonesia yang ingin menikmati makanan berbahan organik harus menyeberang ke negara sebelah. Kini beberapa resto organik mulai bermunculan di beberapa kota besar, terutama Jakarta.

 

Kecenderungan hidup sehat dan makan makanan sehat berbahan organik, mulai marak di kalangan menengah ke atas. Untuk menikmati berbagai makanan ini,  kita harus mengeluarkan uang lebih dan bisa berlipat dibanding makanan non organik. Untuk kalangan bawah, tentu ini diletakkan di prioritas nomor sekian.

 

Lebih Mahal Tapi Menyehatkan

Ditinjau dari proses penanaman hingga panen, tanaman organik memerlukan biaya yang lebih besar, mahal dan berrisiko lebih tinggi. Untuk membunuh hama tanaman non organik, bisa menggunakan pestisida atau herbisida kimia yang ampuh namun membahayakan.

 

Hama bisa diatasi segera, tanaman tumbuh aman namun menyisakan residu berbahaya jika dikonsumsi. Berbeda dengan tanaman organik yang tidak menggunakan pestisida berbahan kimia. Begitupun penggunaan pupuk dan pemilihan bibit yang harus bebas bahan kimia dan transgenik.

 

Selain itu petani organik harus menjaga agar lingkungan sekitar lahan tidak tercemar bahan kimia. Wadah atau tempat penyimpanan hasil panen atau asupan organis harus bersih dan tidak boleh terpapar bahan non organis. Itu sebagian standar bagi mereka yang menanam tanaman organik. Standar kualitas inilah yang dibutuhkan agar tanaman organik mendapatkan sertifikat organik dari Lembaga Sertifikasi Pangan Organik.

 

Bagi yang sering mengkonsumsi makanan organik merasa badan mereka lebih fit. Badan terasa enteng, tidur lebih nyenyak, tidak mudah sakit bahkan ada yang sembuh dari kanker stadium lanjut.

 

Restoran Organik di Jakarta

Beberapa restoran berlabel makanan organik kini bisa dengan mudah ditemukan di Jakarta. Sebuah restoran yang berlahan pertanian sendiri di Bogor, membuka rumah makan organik di kawasan Benhil Jakarta.

 

Restoran Sehat Alami begitu namanya. Restoran yang bermula dari pengalaman pribadi pemiliknya dengan tanaman organik, kini sudah berkembang dengan menjual sayur, buah, kue basah hingga restoran. Ia sembuh dari kanker stadium lanjut berkat pola makan sehat dan benar.

 

Selain itu, restoran lain Healty Choice sudah beroutlet 4 di Jakarta, yakni di Kebon Jeruk, outlet kedua di Pacific Place, ketiga di Bellagio Kuningan, dan terakhir di Kelapa Gading. Semua supplier pemasok kebutuhan restoran harus memiliki sertifikat organik.

 

Sebagai alternatif, ada juga restoran organik Warung Daun di Kebayoran Baru. Menu yang disajikan adalah masakan sunda. Untuk investasi kesehatan di masa depan, begitulah yang ditawarkan restoran organik ini. ((http://kabarinews.com/makan-sehat-di-restoran-organik/55078)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close