Psikologi

CorpU dalam international Expansoin Telkom

Telkom Corporate University (CorpU) menggelar sidang senat ke-3 guna mengevaluasi pelaksanaan program kerja dan pencapaiannya hingga semester I 2013 serta mensahkan rencana kerja semester II 2013. Event ini menjadi strategis bagi Telkom karena Telkom CorpU sebagai center of excellence dalam pengembangan human capital menjadi inisiatif strategis pertama dan utama Telkom.

 

Sejauh ini CorpU memainkan peran makin penting dalam upaya meningkatkan mutu dan kompetensi human capital di Telkom Group. Penyataan ini disampaikan Dirut Telkom, Arief Yahya ketika berorasi di Sidang Senat III CorpU, di Bandung (3/7).

 

 

Menurut Arief, CorpU diyakini makin efektif mendukung pengembangan human capital Telkom Group. “Telkom CorpU makin efektif dalam membekali Telkom untuk meningkatkan kecepatan pembelajaran Telkom Group sesuai dengan kecepatan perubahan lingkungan strategisnya”.

 

Human capital development merupakan tantangan mendasar, tak hanya sebagai modal utama untuk berhadapan dengan operator global di dalam negeri namun juga dalam rangka ekspansi internasional sesuai arahan Meneg BUMN. Sehubungan dengan hal itu, Telkom CorpU kini memiliki program utama yaitu Global Talent Program dan International Certification.

 

Untuk memastikan implementasi Learning Organization dan CorpU, Arief mengatakan Telkom dalam hal ini CorpU Center bersama Institut Manajemen Telkom akan menyelenggarakan International Seminar & Conference on Learning Organization pada 4 – 5 Desember 2013 di Bandung.

 

Seminar dan conference yang diharapkan melibatkan akademisi dan praktisi dibidang Learning organization ini untuk berbagi keilmuan dan implementasi juga melakukan assess terhadap organisasi dan karakteristik CorpU dalam organisasi dan perusahaan.

 

Selanjutnya dengan conference ini diharapkan dampak nyata CorpU pada kinerja organisasi dapat dinilai, dan juga dapat dilakukan eksplorasi tantangan utama dalam menerapkan learning organization dan CorpU.

 

Pada Semester I 2013 ini Telkom mengirimkan para Global Talent-nya ke berbagai negara untuk mendukung Program International Expansion di 10 negara, yaitu: Singapura, Hongkong, Timor Leste, Australia, Macau, Taiwan, Malaysia, Arab Saudi, Korea dan Myanmar.

 

Saat ini Telkom telah memiliki anak usaha di berbagai negara yaitu Telin Singapura, Telin Hongkong, Telkom Australia dan Telkomcel Timor Leste. Dalam rangka Hari Kemerdekaan RI, Telkom akan di hadir di 3 negara lainnya yakni Malaysia, Taiwan dan Macau.

 

“Lantas siapa yang akan mengelola bisnis Telkom di mancanegara tersebut? Orang-orang yang akan menjalankan bisnis Telkom di mancanegara itu adalah para global talent yang sudah disiapkan CorpU,” terang Arief Yahya.

 

Pada Sidang Senat ketiga ini, Telkom CorpU mengagendakan mewisuda perwakilan para Global Talent dan menyerahkan International Certification kepada para lulusan program sertifikasi internasional.

 

Pada Semester II/2013, untuk mengakselerasi peningkatan kualitas CorpU menuju Global Standard, CorpU membentuk Advisory Board yang membantu memberi arahan, masukan dan rekomendasi untuk memajukan pemikiran dan teknologi pengelolaan Telkom CorpU serta memfasilitasi hubungan baik dengan pihak-pihak institusi nasional dan internasional.

Advisory Board itu beranggota para ahli di bidangnya, antara lain Prof. Mary B. Teagarden, Ph.D (Professor of Global Strategy) dari Thunderbird – School of Global Management, Prof. Paul Ramadge (Vice-Chancellor’s Professorial Fellow at Monash University), Prof. Dr. Thomas Magedanz (TU Berlin/Fraunhofer FOKUS, Next Generation Network Infrastructures), Prof. Hora Tjitra (Professor at Zhejiang University (China) & Director of Tjitra Consulting and UMI Asia (Indonesia), and Poonkodi Thirumalai (Associate Director, Partner Development, APAC, Executive Education at INSEAD).

Melalui penyelenggaraan Sidang Senat ini serta melihat perkembangannya, Para ‘Jebolan’ Corpu mampu memainkan peran penting dalam pengembangan bisnis di perusahaan, Arief Yahya berharap CorpU yang diciptakan dengan ‘Spirit of Loving’ hasilnya akan terus dirasakan manfaatnya oleh bangsa dan perusahaan tercinta ini 5-10 bahkan ratusan tahun yang akan datang. [sumber: telkom.co.id; dan http://indotelcommunity.com/corpu-memainkan-peran-penting-dalam-international-expansion-telkom.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close