Hobi danKetrampilan

Menghilangkan pedas di mulut

Banyak yang suka makanan pedas, tetapi rasa ini bisa jadi berlebihan dan menyebabkan rasa mulut terbakar pada. Rasa ini disebabkan senyawa bernama capsaicinoid. Bagaimana menghentikannya? Anda bisa mengonsumsi makanan dan minuman berikut ini, seperti dilansir oleh About.com .

1. Minum susu
Ketika merasa kepedasan sebaiknya segera minum susu. Lemak yang terdapat dalam produk susu seperti yoghurt juga mampu mengatasi sensasi terbakar dalam mulut akibat makanan pedas. (tapi hati hati, susu bukan asupan yang baik)

2. Nasi atau roti
Nasi atau roti mampu menyerap rasa terbakar yang diakibatkan capsaicinoid. Ini akan meredakan kepedasan di mulut. Selain itu, pisang bisa membantu meredakan rasa pedas yang Anda rasakan.

3. Minuman asam
Minuman lain: jus lemon dan jus tomat baik untuk mengatasi kepedasan. Asam yang terkandung dalam minuman ini bisa menghilangkan rasa pedas yang disebabkan capsaicinoid. Memakan jeruk atau irisan lemon juga bisa membantu. (Catatan : Buah lebih baik dimakan langsung, bukan di Jus)

4. Air gula
Ketika kepedasan jangan minum air. Capsaicinoid berbahan dasar minyak dan tak akan bisa dihilangkan dengan air. Namun Anda bisa mencoba air gula untuk menghilangkan rasa pedas dan mendinginkan mulut. (Hati hati bagi yang diabetasi)

5. Minyak sayur
Capsaicin bisa dihilangkan dengan minyak sayur (minyak zaitun). Anda bisa gunakan ‘mencuci’ mulut dan menghilangkan rasa terbakar. Lebih baik jika minyak ini dimasukkan lemari es supaya dingin.

Beberapa makanan dan minuman di atas bisa digunakan untuk mengatasi rasa terbakar pada mulut saat Anda kepedasan. (Suhirto M)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close