YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Dulu Faskes VIP sekarang kelas 1

Berikut curhat seorang sahabat yang ber NIK 52xxxx : “Aku sudah pensiun beberapa tahun. Dengan Grade ku II.2 biasanya kalau aku sakit dan rawat inap mendapat jatah kelas I atau VIP standar. Beberapa hari yang lalu aku diopname di RS Harpan Kita kenapa aku dikasih kelas 1, padahal masa lalu dengan RS yang sama aku mendapat VIP”.

 

Berikut saya mencoba menerjemahkan antara kejadian dengan KR. Bisa dipahami keluhan sobat saya. Mungkin sosialisasi ketentuan dari Dir. HCGA Nomor: KR. 091PS6001COP-B001200012008 Tanggal 31/07/2008 tentang Petunjuk pelaksanaan layanan kesehatan bagi pensiunan belum merata, diantaranya :

 

Pasal 5 : Kelas Perawatan Rawat Inap

(1)     Hak kelas rawat Inap/ opname di Rumah sakit bagi Pensiunan ditetapkan sebagaimana tercantum dalam Lampiran 111.5.a dan       5.b KD.28/PS560/SDM-20/2004. Pensiunan dapat saja memilih kelas yang lebih tinggi dari haknya sesuai Band Posisi / Band Individu/ Grade/Pangkat/ Eselon/ Golongan sepanjang biaya perawatan tidak melebihi tarif yang ditetapkan dalam Keputusan tersebut di dalam 1 (satu) area pelayanan kesehatan.

(2)    Pensiunan mendapat kelas yang lebih rendah dari hak Band Posisi/ Band Individu/ Grade/ Pangkat/ Eselon/ Golongan, apabila tarif biaya perawatan di Rumah Sakit untuk kelas sesuai hak Band Posisi/ Band Individu/ Grade/ Pangkat/ Eselon/ Golongan Pensiunan dimaksud melebihi tarif yang ditetapkan dalam Lampiran II1.5.a dan 5.b KD.28/PS560/SDM-20/2004.

 

Kembali pada kasus sobat saya tadi :

a). Kalau dulu berlaku pada grade tertentu berlaku Faskes kelas rawat inap RS ternyata menciptakan ketidak adilan, berhubung didaerah lain pada kelas yang sama ada perbedaan layanan antara RS di Kota Besar dan RS Kota kecil

b).Untuk mengetahui dimana hak anda dalam memanfaatkan rujukan, dapat anda konsultasikan / tanyakan melalui Call Centre masing Area Yakes (Periksa sajian kami dengan mengklik http://p2tel.or.id/2013/06/tpkk-yakes-dan-call-centre/)

c).Terima kasih anda telah mengemukakan persoalan ini, sehingga dapat diketahui oleh sahabat lainnya. Selanjutnya diharapkan kini anda fokus memelihara kesehatan (disamping aktivitas utama anda). Semoga anda tetap dapat mengendalikan penyakit anda. (FatchurR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close