Iptek dan Lingk. Hidup

Alasan jam berputar kekanan

Jaman dulu jam adalah benda mewah yang hanya dimiliki orang “kaya”, berukuran besar. Tapi kini jam telah menjadi perlengkapan yang wajib dimiliki, ukurannya banyak berevolusi. Pernahkah terpikirkan oleh Anda, mengapa jarum jam bergerak ke kanan?

Tampaknya sepele, namun sejarah mengapa jarum jam bergerak ke kanan. Dahulu sebelum jam ditemukan beberapa suku dan bangsa kuno sudah mengenal sistem waktu dengan cara pengukuran yang berbeda.

Mesir salah satu bangsa yang pada waktu itu sudah bisa mengamati waktu dengan memanfaatkan pergerakan matahari . Mereka mendirikan tugu (disebut obelisk). Ketika matahari bergerak maka bayangan dari tugu itu bergerak, dari sanalah mereka mengukur waktu.

 

Karena matahari terbit dari timur dan Mesir berada di belahan bagian utara maka ketika matahari bergerak bayangan dari tugu obeliks bergerak ke kanan. Itulah alasan mengapa jarum jam dibuat bergerak ke kanan. Jika Mesir berada di belahan dunia selatan mungkin kita akan melihat jarum jam bergerak ke kiri. (GWAP)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close