Iptek dan Lingk. Hidup

Beras tumbuk

Berikut menggambarkan kandungan berbagai zat gizi penting dalam setiap 100 gram beras tumbuk. Kandungan beberapa zat gizi penting dalam 100 gram beras tumbuk :

– Energi (Kal) 335
– Zat besi (mg) 2,0
– Niasin (mg) 2,6
– Vitamin B1 (mg) 0,3
– Serat (gr) 1,6
– Magnesium (mg) 220
– Natrium (mg) 196
– Vitamin B2 0,04

 

Lebih dari separuh penduduk dunia menggunakan beras untuk makanan pokok. Di samping sebagai sumber energi, beras memberi zat gizi lain seperti protein dan beberapa mineral. Sejumlah asam amino esensial diperoleh dari beras, kadar lemak yang rendah dalam beras sangat menguntungkan. Di samping itu lemak dalam beras terdiri dari asam lemak tak jenuh oleat (47,6%), linoleat (34%) dan linolenat (0,85%). Kadar serat dalam beras tumbuk masih cukup tinggi yaitu 1,6%.

Manfaat beras tumbuk untuk mengatasi berbagai penyakit

• Mencegah penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan diabetes.

Beras yang masih memiliki kulit ari, atau beras tumbuk yang masih kaya kandungan serat, berkhasiat mencegah berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes mellitus dan beberapa jenis penyakit kanker.

 

• Mencegah penyakit lambung.

Beras tumbuk selain mengandung serat larut, juga mengandung serat tak larut. Serat tak larut, karena bersifat menyerap air akan membuat sisa makanan dalam usus besar menjadi lembek sehingga mudah dikeluarkan. Karena itu serat tak larut diperlukan untuk mencegah sembelit (konstipasi). Beras yang dihaluskan bersama garam, secara tradisional digunakan untuk mengobati penyakit diare.

 

• Menurunkan kadar estrogen.

Beras tumbuk yang kaya serat akan menurunkan kadar hormon estrogen dalam darah. Estrogen adalah hormon yang berperan dalam terjadinya kanker payudara. Jadi beras tumbuk akan mengurangi resiko terjadinya kanker buah dada bagi wanita.

 

Percobaan dengan hewan menunjukkan beras tumbuk juga dapat digunakan untuk mencegah kanker lambung dan kanker usus besar. Potensi pencegahan terhadap penyakit kanker ini sehubungan dengan kandungan berbagai vitamin yang tergolong B kompleks. (http://www.sehatraga.com/manfaat-beras-tumbuk-untuk-kesehatan/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close