Iptek dan Lingk. Hidup

Elektronik bikin dehidrasi

Jakarta, Mungkin Anda berpikir, beraktivitas di luar ruangan akan lebih membuat orang dehidrasi ketimbang hanya duduk di depan laptop. Justru tubuh bisa lebih dehidrasi 2X lipat ketika beraktivitas dengan benda elektronik.
“Kalau kita beraktivitas di luar seperti OR, jalan kaki, dsb itu bisa bikin kita haus atau dehidrasi. Tapi jangan salah, aktivitas di dalam ruangan, di depan laptop atau main ipad itulah yang bisa bikin kita dehidrasi double karena mata kita kan jadi kering,” tutur dokter naturophatic, dr Riani Susanto ND.

Hal ini disampaikan pada acara gathering dengan tema Stay Healthy, Stay Hydrated Bersama Nestle Pure Life, di Zumba Fitness Liza Natalia’s Arena, La Codefin Mall lantai 3, Jalan Kemang Raya No 8, Jakarta Selatan, dan ditulis pada hari Sabtu (5/10/2013).

Riani mengatakan bukan hanya bisa membuat mata kering, beraktivitas dengan elektronik juga bisa membuat otak (brain cell) jadi kering / menciut. Karena itu bila dehiderasi tidak segera diatasi maka yang terjadi adalah otak akan berkerja lamban, pusing ringan, migrain, hingga sakit punggung.

Karena itu, pekerja kantor disarankan selalu minum air mineral rutin dan mengganti kopi dengan air mineral, karena pekerjaan yang nampaknya tidak menguras keringat itu justru memakan cairan dalam tubuh lebih banyak dan menyebabkan dehiderasi ganda.

“Selain itu juga jangan pikir cairan dan air itu sama. Air itu ya air, air mineral yang warnanya bening. Bukannya teh, kopi, atau sirup. Jadi kalau mikirnya kenapa sudah minum teh tapi tetap haus, ya karena yang dibutuhkan tubuh itu ya air mineral dan bukannya teh atau cairan,” ujarnya.

Riani menegaskan bahwa air dan cairan tidaklah sama. Hal ini dikarenakan cairan atau minuman seperti teh, kopi, sirup dan sebagainya justru membuat tubuh bertambah dehiderasi dan memberi tubuh lebih banyak racun.

“Tubuh itu perlu air dan garam seimbang, jadi kita harus menjauhi minuman yang bikin dehiderasi. Dan jangan berpikir kalau yang namanya kita makan buah itu cairan di dalamnya bisa cukup untuk suplai cairan dalam tubuh kita.

 

Mau sampai 80 persen makan buah juga tubuh tetap butuh air,” kata Riani. (vta/vta; http://m.detik.com/health/read/2013/10/05/115632/2378668/763/beraktivitas-dengan-gadget-bisa-bikin-orang-dehidrasi-ganda-lho)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close