Kesehatan

Pinjaman yang menularkan

JakartaDengan alasan kebersihan, beberapa benda dalam keseharian sebaiknya tidak saling dipinjamkan. Meski kadang terkesan berlebihan, benda-benda tersebut bisa saja menjadi sarang kuman dan menularkan penyakit-penyakit serius. Benda yang bersentuhan dengan cairan tubuh seperti sikat gigi, sudah tentu tidak dipinjam-pinjamkan.

 

Namun untuk benda-benda yang hanya kontak dengan permukaan kulit, beberapa orang menganggap masih wajar untuk saling meminjamkan. Selain yang telah disebutkan di bagian pertama, benda-benda lain yang sebaiknya tidak saling dipinjamkan adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Huffingtonpost, Kamis (3/10/2013).

 

1. Sabun Batangan

Meski sabun cair sudah semakin populer, banyak orang masih menggunakan sabun batangan. Meski sifatnya bisa membunuh kuman, Center of Disease Control and Prevention (CDC) di Amerika Serikat merekomendasikan untuk tidak saling meminjamkan sabun batangan. Seperti dilaporkan majalah Outside, penelitian tahun 2006 mengungkap bahwa sabun batangan merupakan salah satu penyebab reinfeksi berulang di klinik gigi.

Diyakini, penyebabnya adalah sabun tersebut tidak benar-benar kering sebelum dipakai orang lain, terutama bagian bawah yang menempel di wadahnya. Kondisi lembab membuat kuman bisa terakumulasi meski seharusnya sabun bisa membunuh kuman tertentu.

 

2. Roll on Antikeringat

Keringat yang berbau tidak sedap merupakan hasil dari penguraian senyawa tertentu oleh bakteri. Bakteri tersebut bisa menyebar saat roll on anti keringat digunakan secara bergantian. Meski beberapa roll on dilengkapi antibakteri, kemampuan membunuh bakterinya berbeda dan mungkin juga jenis bakteri pada satu orang dengan yang lain berbeda-beda.

 

3. Gunting Kuku

Di salong kecantikan, gunting kuku dan peralatan manicure-pedicure tidak digunakan secara bergantian tanpa disterilkan. Dengan teman sendiri, sebaiknya hal itu juga diterapkan. Saat menggunting kuku terlalu pendek, tak jarang kulit mengalami luka, baik hingga berdarah maupun luka kecil yang cukup untuk menularkan kuman.

Berbagai jenis kuman seperti virus hepatitis C, staphylococus, dab kutil bisa menular melalui peralatan-peralatan pribadi seperti gunting kuku.

 

4. Gelas atau Botol Minuman

Pertukaran air liur melalui gelas maupun botol minum yang dipakai bergantian bisa menularkan kuman. Secara teori, kuman-kuman penyebab batuk dan infeksi saluran napas bisa saja menular dengan cara tersebut. Tentu saja kemungkinannya tidak sebesar saat bersin lalu hidung dan mulutnya tidak ditutup.

 

5. Sikat Gigi

CDC menegaskan bahwa sikat gigi bukan barang untuk dipakai secara bergantian. Selain menularkan kuman-kuman yang ada di air liur, sikat gigi juga bisa menularkan virus yang ada di darah jika saat menyikat terlalu keras hingga menimbulkan luka. di gusi maupun dinding rongga mulut. (AN Uyung Pramudiarja – detikHealth; http://health.detik.com/read/2013/10/03/173053/2377124/763/10-barang-pinjaman-yang-bisa-menularkan-kuman–2-)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close